Poles Pasar Tradisional, Pemkab Badung Bangun Wifi Corner

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 22:44 WIB
wifi corner
Foto: Pemkab Badung
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten Badung berupaya membantu pasar tradisional meningkatkan daya saing dengan pasar modern di masa adaptasi kebiasaan baru. Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung membuat inovasi agar masyarakat tertarik berbelanja di pasar tradisional.

Salah satu program yang digagas yakni memasang Wifi Corner gratis di pasar. Dengan adanya fasilitas tersebut diharapkan mendorong pedagang pasar untuk memasarkan produknya secara online. Tujuannya agar pedagang bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, sehingga dapat mendongkrak aktivitas perekonomian.

"Pemkab Badung terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah pandemi, salah satunya dengan memasang Wifi Corner gratis guna mendorong pedagang pasar melakukan pemasaran berbasis online. Kita ajak pemilik lapak kalau ada yang tertarik produknya dijual secara online. Saat ini kan mereka punya toko offline-nya, jadi kalau punya toko online, mereka tidak hanya menunggu pembeli yang di sini saja, tapi juga bisa pembeli di seluruh daerah," ujar Kadis Kominfo Badung IGN Jaya Saputra dalam keterangan tertulis, Jumat (20/11/2020).


Jaya mengatakan gerakan pasar Go Online ini merupakan upaya pemerintah kabupaten untuk meningkatkan literasi digital masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi, para pedagang dapat meningkatkan pendapatannya.

"Saat ini, transformasi digital melalui gadget atau handphone pribadi sangat bermanfaat untuk digunakan. Masyarakat punya alat (smartphone) yang sangat powerful, tapi terkadang masih salah menggunakannya. Kita bisa belajar dari smartphone kita karena banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa kita manfaatkan dengan baik, salah satunya dengan berdagang melalui online," jelas Jaya.

Ia menambahkan pemasangan Wifi Corner gratis kabupaten Badung tidak hanya menyasar pasar tradisional semata. Dalam rangka menyambut reborn industri pariwisata pihaknya juga akan memasang Wifi Corner gratis di 33 situs objek wisata karena industri pariwisata sebagai salah satu industri dinamis yang harus selalu mendapatkan sentuhan dan pembaruan.

"Untuk meningkatkan kualitas objek pariwisata dalam meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke objek wisata yang ada di Kabupaten Badung, kita sudah melakukan pemasangan Wifi Corner di 33 site objek wisata," ungkapnya.

Menurutnya jika objek wisata memiliki jaringan internet gratis dengan kualitas yang baik, akan menambah rasa nyaman bagi wisatawan. Sebab, saat ini masyarakat melakukan banyak interaksi di media sosial salah satunya untuk mempublikasikan kegiatan sehari-hari.

"Fenomena masyarakat saat ini yang ketergantungan pada media sosial harus kita lihat sebagai peluang promosi gratis dengan impact yang luar biasa. Wisatawan yang mengunjungi objek wisata kita tentu akan mengabadikan setiap momen liburannya dan diunggah di media sosial. Nah secara tidak langsung mereka sudah ikut mempromosikan pariwisata yang ada di kabupaten Badung ke dunia luar," tambah Jaya.

Ia merinci Wifi Corner yang terpasang di beberapa wilayah Kabupaten Badung, di Pasar Petang, Wantilan Carangsari, Lapangan Umum Bongkasa, Pasar Blahkiuh, Pasar Jagapati, Pasar Sibanggede,Pasar Sembung, Gor Mengwi, Pasar Beringkit, RSUD Kapal, Lapangan Umum Munggu, Pantai Prerenan, Lapangan Umum Dalung, Gor Kerobokan, Lapangan Umum Tibubeneng, Lapangan Bulu Tangkis JI. Majapahit Suka Duka Dharma Semadi Kuta, Jalan Plawa Sebelah Kantor LPD Seminya, Jln. Pasir Putih Gor Bulu Tangkis Palguna Kedonganan, Pantai Melasti Kutuh, Pura Gunung Payung Sawangan Nusa Dua Kuta, Pura Pucak Mangu Petang dan Pura Pucak Bon Petang.

(mul/mpr)