Di Forum KTT APEC 2020, Jokowi Bicara Tenggat Bogor Goals 26 Tahun Lalu

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 21:10 WIB
Jokowi Hadiri KTT APEC 2020 Secara Virtual dari Istana Bogor
Presiden Jokowi (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara mengenai Bogor Goals yang dicapai 26 tahun silam dalam Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) 2020. Tahun ini adalah tenggat waktu pencapaian Bogor Goals.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, dalam keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (20/11/2020).

"Presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwa sebuah terobosan besar telah dilakukan APEC pada tahun 1994. Terobosan ini dinilai Presiden masih sangat relevan," kata Retno.

Retno menjelaskan, Bogor Goals adalah kesepakatan yang dicapai APEC pada 1994. Bogor Goals memberi dasar kuat bagi kerjasama APEC berupa keterbukaan ekonomi dan perlakuan berbeda terhadap negara maju dengan negara berkembang. Bogor Goals mencapai tenggal di tahun ini.

"2020 ini merupakan tenggat Bogor Goals. Tahun ini ada APEC Putrajaya Vision 2040 yang melanjutkan visi Bogor Goals 1994," kata Retno.

Putrajaya Vision 2040 dicanangkan pada penyelenggaraan KTT APEC tahun ini di Malaysia.

Di Visi Putrajaya itu, Indonesia berhasil memasukkan isu soal mendorong pembangunan smber daya manusia, pembangunan konektivitas, dan pemberdayaan UMKN serta perempuan di bidang ekonomi digital, serta mengarusutamakan kepentingan Indonesia di bidang investasi, sebagaimana Bogor Goals 1994.

Selanjutnya, Jokowi bicara jujur bahwa fondasi kebersamaan melemah:

Selanjutnya
Halaman
1 2