Di Acara WJIS, Rebana Metropolitan Berhasil Pikat Para Investor

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 19:26 WIB
Pemprov Jabar
Foto: Pemprov Jabar
Jakarta -

Pemerintah Provinsi Jawa Barat berhasil meraih nilai komitmen investasi sebesar Rp 380 triliun dalam West Java Investment Summit (WJIS) 2020. Hal ini secara tak langsung menunjukkan Jawa Barat merupakan provinsi yang disukai investor untuk berinvestasi.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih, menyampaikan hingga triwulan ketiga, Jawa Barat juga masih memiliki investasi tertinggi di Indonesia.

"Berdasarkan angka realisasi investasi yang dilansir oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Jawa Barat masih merupakan provinsi dengan nilai realisasi PMA (Penanaman Modal Asing) dan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) tertinggi indonesia sampai dengan triwulan ketiga ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (19/11/2020).

Noneng menjelaskan dalam acara WJS, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga meluncurkan kawasan Rebana Metropolitan sebagai The Future of West Java. Kawasan ini diharapkan dapat menjadi kawasan industri baru yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi serta berkelanjutan.

"Kawasan Rebana Metropolitan juga diarahkan untuk menjadi sebuah kota baru dengan konsep pengembangan work, life and play," paparnya.

Selain acara launching, Noneng menambahkan Pemprov Jawa Barat mengundang beberapa pihak terkait untuk melihat pembangunan di kawasan Segitiga Rebana, termasuk pembangunan kawasan Kertajati Industrial Estate Majalengka (KIEM) gagasan PT. Dwipapuri Abadi.

Pemprov Jawa Barat juga melihat pembangunan business park di kawasan Kertajati Aerocity, serta mengunjungi rencana lokasi pembangunan kawasan Rebana Technopolis Industrial Estate di Subang, yang digagas oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII. Guna menarik minat wisatawan, Noneng mengatakan PT. BIJB dan PT. Jaswita Jabar akan melakukan ground breaking pembangunan hotel bintang 3 di kawasan Aerocity Kertajati.

"Semua proyek tersebut juga sudah dipaparkan dalam acara market sounding di acara WJIS pada Senin tanggal 16 November 2020 dan beberapa investor sudah ada yang menyatakan keberminatannya untuk berinvestasi di proyek-proyek tersebut. Kita berharap dengan acara hari ini dapat semakin meyakinkan investor bahwa pengembangan kawasan Rebana Metropolitan sudah terbentuk secara nyata," pungkasnya.

Sebagai informasi, West Java Investment Summit (WJIS) 2020 digelar oleh Pemprov Jawa Barat bersama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat. Acara ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 16-17 November 2020 di Hotel Savoy Homann, Bandung.

(ega/ega)