Riset Banyolan Gus Dur hingga Lidah Buaya Cegah Corona Jadi Juara di LIPI

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 15:13 WIB
Gedung LIPI
Gedung LIPI (Dok Instagram @lipiindonesia)
Jakarta -

Beragam penelitian menjadi juara kompetisi ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Isi penelitiannya beragam, dari soal banyolan Gus Dur (Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid) hingga lidah buaya pencegah virus Corona.

Daftar pemenang kompetisi ilmiah LIPI bertajuk Indonesia Science Expo 2020 (ISE 2020) diumumkan lewat siaran pers pada Kamis (19/11/2020).

Ada puluhan finalis yang masuk dan diseleksi oleh dewan juri. Proses penjurian berlangsung secara virtual pada 16 hingga 18 November 2020. Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro, berharap inovasi anak muda bisa memunculkan lapangan kerja.

"Untuk itu diperlukan upaya untuk mendorong pemuda agar menjadi inovatif melalui melalui pengembangan sistem inovasi daerah dan technopreneur muda," kata Bambang dalam siaran pers LIPI.

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko menyebut para pemenang ajang ilmiah ini adalah inovasi terbaik untuk saat ini. Penganugerahan Kompetisi Ilmiah digelar pada penutupan Indonesia Science Expo 2020, beberapa saat tadi.

"Peneliti muda ini sudah menjadi contoh yang baik bagi generasi ilmiah Indonesia untuk berani mengekspresikan ide-idenya dan turut berkontribusi dalam memberikan solusi bagi permasalahan bangsa," ujar Handoko.

Kompetisi ilmiah ini terdiri dari tiga lomba, yakni Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) untuk SMP-SMA dengan 39 finalis, National Young Inventors Award (NYIA) untuk remaja dengan 41 finalis, dan LIPI Young Scientist Award (LYSA) untuk peneliti muda di bawah 40 tahun yang dimenangi oleh Afriyanto Sumboja dosen Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung. Ada pula penghargaan spesial untuk 15 pemenang dari Sekretaris Utama LIPI dan para sponsor.

Tonton video 'Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung':

[Gambas:Video 20detik]



Berikut adalah pemenangnya, klik halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2