Atap Rumah Warga Tapteng Bolong Ditimpa Meteorit Juga Dibeli, Laku Berapa?

Jabbar Ramdhani, Abdi Somat - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 19:54 WIB
Seorang warga di Dusun Sitambarat, Kolang, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, membuat heboh karena menyebut rumahnya ditiban meteor. Buktinya adalah atap rumah bolong dan sebongkah batu.
Batu yang menimpa rumah Josua Hutagalung. (Abdi Somat Hutabarat/detikcom)

Dia mengatakan batu tersebut jatuh pada Sabtu (1/8) sekitar pukul 16.00 WIB. Dia mengatakan batu yang terpendam di tanah tersebut terasa hangat.

"Kan (batu) jatuh, yang menggali istri saya pakai cangkul. Lalu diambil istri saya, baru di depan rumah saya pegang. Batunya (nggak panas), sudah hangat. Karena awalnya kita cari nggak kelihatan, tapi beberapa menit kemudian baru ketemu," tuturnya.

Josua mengatakan pihak kecamatan dan TNI-Polri sempat datang ke rumah untuk melihat batu dari langit tersebut. Namun dia mengatakan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) tidak sempat datang ke rumahnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Lapan Jasyanto mengatakan belum bisa menyebut batu itu meteor. Dia mengatakan tak bisa mengidentifikasi batu tersebut lewat foto.

"Kami belum bisa identifikasi karena belum lihat langsung," kata Jasyanto, Senin (3/8). Dia meminta mengecek ke situs lapan.go.id soal informasi ada-tidaknya benda langit jatuh di wilayah Indonesia.

Halaman

(jbr/idh)