Polisi-KLHK Razia Sejumlah Sawmill di Riau, Ratusan Kayu Ilegal Disegel

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 14:38 WIB
Razia sawmill ilegal di Riau (Chaidir-detikcom)
Razia sawmill ilegal di Riau. (Chaidir/detikcom)
Kampar -

Tim gabungan dari Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Polda Riau menggelar razia di tempat penggergajian kayu di Siak Hulu, Kampar, Riau. Razia dilakukan karena ada laporan sawmill (tempat penggergajian kayu) menampung kayu hasil penebangan liar.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (18/11/2020), ada ratusan aparat yang dikerahkan untuk melakukan razia. Petugas mendatangi satu per satu sawmill yang berada di dekat Sungai Kampar.

Razia sawmill ilegal di Riau (Chaidir-detikcom)Razia sawmill ilegal di Riau. (Chaidir/detikcom)

Setidaknya, ada 12 sawmill yang dirazia. Beberapa di antaranya tak bisa menunjukkan izin usaha. Selain itu, tampak ratusan kayu gelondongan berada di sawmill yang didatangi.

Kayu-kayu berdiameter sekitar 50 cm tersebut diduga berasal dari kawasan hutan lindung. Petugas kemudian memasang police line di kayu dan sawmill yang berada di lokasi tersebut.

Razia sawmill ilegal di Riau (Chaidir-detikcom)Razia sawmill ilegal di Riau. (Chaidir/detikcom)

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada dugaan razia ini sudah bocor. Hal ini diduga menjadi pemicu sejumlah sawmill telah ditinggalkan pekerjanya.

Selain menyegel kayu gelondongan dan sawmill, petugas terlihat mengamankan truk berisi kayu dari lokasi tersebut. Petugas juga mengamankan sejumlah orang, tapi belum ada penjelasan detail identitas dan peranan mereka yang diamankan.

Razia ini sempat mendapat penolakan dari warga. Ada sejumlah emak-emak yang bertahan duduk di atas kayu gelondongan saat petugas datang. Mereka kemudian bubar setelah diberi penjelasan.

(cha/haf)