Disparekraf DKI Susun Matriks Usulan Pembukaan Tempat Hiburan Malam

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 14:29 WIB
Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Parekraf DKI Jakarta, Bambang Ismadi,
Bambang Ismadi (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta saat ini tengah menyusun matriks terkait usulan pembukaan tempat hiburan malam. Matriks tersebut juga memuat aturan tentang protokol kesehatan COVID-19.

"Kisi-kisi atau matriks usulan buka usaha, di dalamnya ada prokes," ujar Kabid Industri Pariwisata Dinas Parekraf DKI Jakarta, Bambang Ismadi, kepada wartawan, Rabu (18/11/2020).

Bambang mengatakan pembukaan tempat hiburan malam harus mempertimbangkan sejumlah aspek. Selain itu, Pemprov DKI memperhatikan apakah pelaku usaha hiburan malam mampu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan baik atau tidak.

"Nah, kita sudah buat kisi-kisinya nih. Bisa nggak nih dilaksanakan oleh mereka kalau nanti misalnya kita kan sekarang lagi buat yang tadi misalnya karaoke, buat diskotek itu sedang kita buat (kisi-kisi) dan sedang dibahas oleh tim," ucapnya.

"Karena kan kita melihatnya dari berbagai sudut itu, tidak hanya dari satu sisi misalnya dari sisi penularan itu seperti apa, terus dari sisi kerumunan bisa nggak tuh diatur, kayak diskotek. Mau nggak? Bisa nggak diatur, kira-kira seperti itu. Nanti kita sedang buat nanti kita ajukan ke tim gabungan," sambungnya.

Bambang menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta saat ini masih mempertimbangkan mengenai tingkat penularan COVID-19. Menurutnya, matriks tersebut tengah dibahas bersama pihak terkait, termasuk Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Satgas COVID-19 DKI Jakarta dan epidemiolog.

"Kita masih dari tim epidemiologi dari provinsi," imbuh Bambang.

(man/knv)