Ustaz Das'ad Batal Ceramah demi Cegah COVID karena Terkumpul 5.000 Jemaah

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 13:56 WIB
Video ceramah Ustaz Dasad Latif yang berjudul Panitia Hari Kiamat menjadi viral di media sosial. Sang ustaz diketahui berasal dari Sulawesi Selatan.
Ustaz Das'ad Latif (Foto: dok. pribadi)
Makassar -

Ustaz Das'ad Latif batal ceramah hingga membubarkan jemaahnya di Kalimantan Timur (Kaltim) demi mencegah penularan COVID-19. Ustaz Das'ad lalu menegur keluarganya yang mengundangnya ke Kaltim karena mendatangkan sekitar 5.000 jemaah.

Ustaz Das'ad mengungkapkan, pada Oktober dia diundang salah satu keluarganya yang merantau ke Kaltim untuk mengisi tausiah di acara akikah. Estimasi awal, ada 200 jemaah yang datang karena acara digelar di rumah.

Namun, di luar dugaan, jemaah yang datang sangat banyak. Acara digelar di Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim, pada Selasa (18/11) malam.

"Innalillah, saya melihat banyak betul manusia. Mungkin ada sekitar 5.000 orang hadir. Saya bilang langsung ke keluarga saya, ini tidak cocok, salah ini," kata Das'ad saat berbincang dengan detikcom, Rabu (18/11/2020).

Das'ad lantas bertanya kenapa ceramah yang sebelumnya hanya untuk keluarga bisa bocor ke masyarakat. Ternyata kedatangannya memberikan ceramah telah tersebar melalui media sosial. Bahkan ada beberapa jemaah yang berasal dari wilayah Banjar.

Das'ad lantas berinisiatif ke panggung acara di sebuah lapangan dan meminta jemaah bubar.

"Saya bilang ke seluruh jemaah, ndak boleh lama-lama. Saya sampaikan, siapa yang berselawat dicintai oleh Allah, disayangi oleh Allah. Tapi, kalau kita berselawat sekarang, dengar ceramah, itu bukan dapat pahala, tapi dapat wabah penyakit," kata Das'ad menirukan kembali perkataannya.

Ustaz Das'ad lalu memahamkan jemaahnya akan bahaya COVID, simak selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2