Gempa M 5,2 di Sumbar, Pasien RSUP Dr M Djamil Padang Evakuasi Diri

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 13:13 WIB
Sejumlah pasien dan tenaga kesehatan di RSUP Dr M Djamil Padang mengevakuasi diri saat terjadi gempa M 5,2 (dok Istimewa)
Sejumlah pasien dan tenaga kesehatan di RSUP Dr M Djamil Padang mengevakuasi diri saat terjadi gempa M 5,2. (Foto: Istimewa)
Padang -

Guncangan gempa bumi magnitudo (M) 5,2 dirasakan kuat di Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Getaran gempa dirasakan sejumlah pasien di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr M Djamil Padang.

Tak lama kemudian, pasien RS pun mengevakuasi diri ke lokasi aman. Gempa terjadi di laut pada jarak 57 km barat daya, Pesisir Selatan, Sumbar.

"Tidak ada angka pasti berapa banyak yang dievakuasi, tapi sebagian besar mengevakuasi diri secara mandiri. Selain ke halaman rumah sakit, ada juga yang menyelamatkan diri ke bagian atas gedung rumah sakit," kata Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi RSUP Dr M Djamil Padang, Gustavianof, kepada wartawan, Rabu (18/11/2020).

Sejumlah pasien dan tenaga kesehatan di RSUP Dr M Djamil Padang mengevakuasi diri saat terjadi gempa M 5,2 (dok Istimewa)Gempa dirasakan kuat di Padang. (Foto: Istimewa)

Tampak ada sejumlah orang yang mengevakuasi diri ke atap RS. Di Padang, getaran gempa dirasakan kuat beberapa detik.

Gustavianof mengatakan tak ada laporan kerusakan gedung di RS pascagempa. Situasi di RS pun sudah kembali normal.

"Tidak ada laporan kerusakan di rumah sakit. Pasien saat ini sudah kembali lagi ke ruangan, setelah 10 menit berada di tempat evakuasi," kata dia.

Sejumlah pasien dan tenaga kesehatan di RSUP Dr M Djamil Padang mengevakuasi diri saat terjadi gempa M 5,2 (dok Istimewa)Ada yang mengamankan diri ke atap gedung RS. (Foto: Istimewa)

Diketahui, gempa terjadi pada pukul 11.41 WIB. Lokasi pusat gempa berada pada koordinat 1,81 Lintang Selatan dan 100,34 Bujur Timur.