Pulihkan Ekonomi Nasional, MPR Dorong Perkuat Pertanian dan Perikanan

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 21:38 WIB
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengingatkan pandemi COVID-19 lambat laun pasti akan mereda dan hilang di Indonesia, apalagi pemerintah saat ini sedang gencar mempersiapkan vaksin. Menurutnya, selain masalah kesehatan, yang perlu diperhatikan saat pandemi usai adalah membangkitkan perekonomian nasional yang sempat terpuruk akibat pandemi.

Untuk itu, kata Fadel, mulai dari sekarang bangsa Indonesia perlu melakukan berbagai persiapan yang tepat dan strategis agar perekonomian balik seperti dulu sebelum ada pandemi.

"Salah satu kuncinya adalah bangsa ini harus kembali kepada 'basic economy' Indonesia yakni pertanian dan perikanan. Sebab, jika dua hal ini tumbuh maka daya beli masyarakat akan semakin meningkat dan roda perekonomian kembali berjalan," ujar Fadel dalam keterangannya, Selasa (17/11/2020).

Hal itu diungkapkannya dalam Seminar Nasional Kebangsaan bertema 'Gorontalo dalam Kerangka Tantangan dan Solusi Mengatasi Masalah Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19' kerja sama MPR dengan Universitas Ichsan (Unisan) Gorontalo.

Mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini mengungkapkan semua itu akan berjalan baik jika pemerintah daerah memberikan dukungan antara lain dengan membantu pemasaran nya. Sebab, tidak semua petani dan nelayan memiliki pengetahuan dan akses penjualan yang memadai.

"Pemerintah daerah mesti memiliki tanggung jawab yang besar soal itu. Edukasi dan bantu mereka dengan sungguh-sungguh, bangun juga infrastruktur yang baik untuk mempermudah jalur perekonomian rakyat," jelasnya,

Pimpinan MPR dari Kelompok DPD ini memberi contoh, saat dirinya menjabat Gubernur Gorontalo. Menurutnya, bidang pertanian dan perikanan menjadi hal utama yang diperhatikan untuk meningkatkan perekonomian rakyat.

"Saya buat program-program pro rakyat dan saya beri insentif bagus buat para camat serta kepala-kepala desa yang berhasil menaikkan produksi pertanian dan perikanan secara kuantitas dan kualitas. Alhamdulillah, berhasil. Salah satunya, Gorontalo pernah naik produksi jagungnya hingga 1 juta ton," tuturnya.

Fadel pun mengajak seluruh elemen masyarakat petani, nelayan, pemerintah daerah, pemerintah pusat untuk bersinergi, saling bergandengan tangan, bersatu dalam menghadapi bencana pandemi Covid-19 ini. "Bersama-sama kita keluar dari masalah berat ini menuju Indonesia makmur di masa depan," pungkasnya.

Sebagai informasi, hadir dalam acara yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat tersebut, Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, Rektor Unisan Dr. Abdul Gaffar La Tjokke, Rektor Universitas Pohuwato (Unipo) Dr. Juriko Abdussamad, dosen serta mahasiswa dan mahasiswa Unisan dari berbagai fakultas.

(akn/ega)