Pemprov Kaltim Dapat Jatah 2,2 Juta Vaksin COVID-19

Antara - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 01:35 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Padilah Mante Runa.
Foto: Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Padilah Mante Runa. (ANTARA/Arumanto)
Samarinda -

Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mendapatkan bantuan sebanyak 2,2 juta vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat. Provinsi Kaltim sebelumnya tidak masuk daftar 10 daerah yang menjadi prioritas penerima bantuan vaksin virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kaltim, Padilah Mante Runa mengatakan bantuan vaksin tersebut rencananya akan disalurkan pemerintah pusat pada Desember 2020 mendatang. Kini, pihak Pemprov Kaltim sedang melakukan pendataan.

"Saat ini kami sudah mulai bekerja dengan melakukan pendataan masyarakat untuk penerima vaksin tersebut," kata Padilah Mante Runa di Samarinda, Senin (16/11/2020) seperti dilansir Antara.

Fadilah menjelaskan vaksin tersebut nantinya akan disalurkan ke 10 kabupaten/kota di Kaltim. Kuotanya, sebut dia, disesuaikan dengan kasus yang terjadi di masing- masing wilayah.

Adapun klasifikasi masyarakat penerima vaksin untuk sementara sesuai petunjuk yakni pemerintah, TNI dan Polri, serta penerima bantuan iuran (PBI) usia 18-59 tahun.

"Saat ini diskes (dinas kesehatan) memerlukan data dari kabupaten dan kota. Kalau data cepat diterima, maka akan lebih mudah merealisasikan vaksinnya," sebut Padilah.

Padilah berharap masyarakat turut mendukung program vaksinasi COVID-19. Dia mengingatkan bahwa tujuan vaksinasi adalah memutus penularan virus Corona.

Padilah menambahkan perkembangan kasus COVID-19 di Kaltim didominasi kasus sembuh, dan kini jumlahnya telah mencapai 14.285 atau 83,9 persen dari total 17.013 kasus positif. Meski demikian, Satgas Penanganan COVID-19 di Kaltim terus mengingatkan warga untuk tetap taat pada protokol kesehatan.

"Masyarakat harus lebih disipilin dalam menerapkan protokol kesehatan, ingat 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dalam setiap aktivitas," katanya.

(zak/knv)