Keji! ABG Cewek Diperkosa Bergilir 5 Lelaki dan Divideokan

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 16 Nov 2020 14:09 WIB
Polres Buton menangkap 5 lelaki atas kasus pemerkosaan perempuan di bawah umur (dok Istimewa)
Foto: Polres Buton menangkap 5 lelaki atas kasus pemerkosaan perempuan di bawah umur (dok Istimewa)
Jakarta -

Lima orang lelaki di Buton Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), memperkosa wanita di bawah umur secara bergilir. Kelima pelaku saat ini telah ditangkap polisi.

Kasat Reskrim Polres Buton AKP Dedy Hartoyo mengatakan polisi menangani kasus ini setelah korban yang berusia 15 tahun melapor pada Sabtu (24/10). Kasus pemerkosaan terjadi pada Rabu (4/12/2019) lalu di Desa Lapandewa Kaindea, Sampolawa, Buton Selatan.

"Kami lakukan pengejaran selama 2 pekan sejak ada pelaporan. Dalam proses pengejaran, kami dibantu masyarakat, Resmob Polda Malut, dan kami bentuk tim khusus dari Satintelkam, Satnarkoba, dan Polsek Sampolawa. Kami melakukan pengejaran selama 2 minggu di atas bukit di Desa Tira, di dalam goa di Desa Tira," kata AKP Dedy kepada wartawan, Senin (16/11/2020).

Dia mengatakan para pelaku melarikan diri ke bukit, perkebunan, hingga masuk goa, usai korban melapor ke polisi. Para pelaku kabur tidak secara bersama-sama.

Selain memburu para pelaku, polisi juga memberi edukasi kepada pihak keluarga pelaku. Akhirnya, kelima pelaku berinisial SA, SD, LK, dan LA, dan I menyerahkan diri ke Polres Buton.

Empat orang menyerahkan diri pada Kamis (12/11). Sementara tersangka I menyerahkan diri Sabtu (14/11).

"Ada 3 pelaku dewasa, dan 2 di bawah umur," kata dia.

Kasus ini bermula saat tersangka SA berpesta minuman keras bersama teman-temannya. Kemudian tersangka SA menjemput korban hingga kemudian memperkosa korban secara bergiliran.

"Modusnya tersangka SA menjemput korban untuk jalan-jalan di acara joget. Kemudian tersangka SA bersama dengan teman-temannya membawa korban (hingga) disetubuhi dan dicabuli oleh para tersangka secara bergantian di belakang rumah gubuk di Desa Lapandewa Kaindea, Kecamatan Sampolawa, Buton Selatan," katanya.

Polres Buton menangkap 5 lelaki atas kasus pemerkosaan perempuan di bawah umur (dok Istimewa)Barang bukti pemerkosaan perempuan di bawah umur (dok Istimewa)

Para pelaku juga merekam adegan pemerkosaan secara bergilir tersebut. Polisi masih mendalami apakah video tersebut sempat disebarkan sehingga pelaku bisa dijerat UU ITE.

"Ya (rekam video). Masih pengembangan," kata Dedi.

Para pelaku dijerat pasal berlapis atas perbuatan mereka.

"Pasal yang dilanggar adalah Pasal 81 ayat (1) atau ayat (2) juncto Pasal 76D dan Pasal 82 Aayat (1) juncto Pasal 76E Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara," kata dia.

(jbr/idh)