Jokowi Dorong Integrasi Ekonomi-Stabilitas Keamanan di KTT ASEAN-Australia

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 14 Nov 2020 15:12 WIB
Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung dan Menlu Retno Marsudi mengikuti KTT ASEAN-Australia secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (14/11). (Foto: Biro Pers Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung dan Menlu Retno Marsudi mengikuti KTT ASEAN-Australia secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (14/11). (Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)

"Di masa sulit ini, kerja sama adalah satu-satunya jalan yang harus kita tempuh. Saya yakin kemitraan ASEAN dan Australia dapat menjadi penyangga utama paradigma kerja sama dan kolaborasi bagi stabilitas, perdamaian, dan kesejahteraan di kawasan," tandasnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam rangkaian KTT ke-37 ASEAN hari ketiga, Jokowi akan mengikuti KTT ASEAN-Selandia Baru, KTT dua tahunan ke-2 ASEAN-Australia, KTT ke-23 ASEAN Plus Three (APT), dan dilanjutkan Pertemuan Pemimpin APT dengan Perwakilan East Asia Business Council (EABC).

Pada sore hari, Jokowi akan menghadiri upacara peluncuran ASEAN Smart Logistics Network (ASLN) with First Project 'Vihn Phuc ICD Logistics Center (SuperPort)'. Sedangkan pada malam harinya, Jokowi akan menghadiri KTT ke-15 Asia Timur.

Halaman

(hel/jbr)