Gerindra Bantah Isu Prabowo Bantu Habib Rizieq Pulang ke Indonesia

Elza Astari Retaduari - detikNews
Sabtu, 14 Nov 2020 14:05 WIB
Prabowo serahkan SK Rektor UKRI ke Sufmi Dasco Ahmad (Dok. Dasco)
Prabowo Subianto bersama Sufmi Dasco Ahmad. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Partai Gerindra meluruskan soal isu liar yang menyebut ada andil dari sang ketua umum, Prabowo Subianto, sehingga Habib Rizieq Syihab bisa pulang dari Arab Saudi. Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan Prabowo tidak mengkoordinasi kepulangan Habib Rizieq ke Tanah Air.

Dasco menyebut isu liar soal Prabowo dikaitkan dengan kepulangan Habib Rizieq ramai dibahas di media sosial. Hal tersebut bermula dari tautan sebuah media yang menampilkan wawancara Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

"Ada link-link yang menyatakan bahwa, menurut Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, bahwa ada andil Pak Prabowo dalam kepulangan Habib Rizieq Syihab. Bersama ini kami sampaikan bahwa yang diambil oleh link-link berita itu hanya sepenggal-sepenggal dari wawancara dengan Pak Ahmad Muzani pada 2019," ujar Sufmi Dasco Ahmad kepada detikcom, Sabtu (14/11/2020).

Wawancara yang diambil oleh tautan berita itu terjadi jelang rekonsiliasi antara Prabowo dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai Pilpres 2019. Hanya, kata Dasco, pernyataan Muzani dipelintir karena tidak dimuat secara utuh.

"Seolah-olah, pada saat kepulangan Habib Rizieq, berita itu dimunculkan lagi, sehingga kemudian membuat image bahwa Pak Ahmad Muzani ber-statement kepulangan Habib Rizieq yang sekarang itu adalah atas andil Pak Prabowo," kata Wakil Ketua DPR itu.

Isu itu kemudian menuai pro dan kontra, termasuk di media sosial. Gerindra sudah memberi klarifikasi kepada sejumlah pihak, termasuk kepada orang-orang terdekat Habib Rizieq.

"Tentunya apa yang beredar di medsos ini juga banyak yang merugikan banyak pihak. Tadi sudah saya klarifikasi juga kepada Ustaz Slamet Ma'arif dari Ketum PA 212 bahwa yang disampaikan oleh Pak Ahmad Muzani itu hanya sepenggal-sepenggal diambil, itu pun juga statement pada 2019," sebut Dasco.

Gerindra berharap agar isu tidak benar yang berkembang itu tak dijadikan polemik. Sebab, ada pihak yang merasa Prabowo mengklaim soal kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia.

"Dengan klarifikasi ini tentunya meluruskan berita-berita bahwa di satu pihak ada yang menuduh pihak-pihak ada pihak yang mengklaim, seolah-olah jasa kepulangan HRS. Itu kemudian sudah kita luruskan sehingga menjadi clear," jelasnya.

Seperti diketahui, Habib Rizieq Syihab pulang ke Indonesia setelah lama berada di Arab Saudi. Kepulangan Habib Rizieq memang sempat terkendala karena masalah visa.

Waketum Partai Gerindra Fadli Zon sudah menyambangi Habib Rizieq di kediamannya. Informasi soal pertemuan Fadli Zon dengan Habib Rizieq ada di halaman selanjutnya.

Simak juga video 'Mardani: Kepulangan Habib Rizieq Babak Baru Kedewasaan Berdemokrasi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2