Pahlawan Papua Barat

Masyarakat Islam Papua Tempat Machmud Singgirei Rumagesan Tumbuh

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 14 Nov 2020 10:07 WIB
Ilustrasi suasana Fakfak, tidak berhubungan langsung dengan berita. (Repro detikcom)
Ilustrasi suasana Fakfak, tidak berhubungan langsung dengan berita. (Repro detikcom)
Jakarta -

Machmud Singgirei Rumagesan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional. Raja Sekar ini lahir dari masyarakat muslim di Semenanjung Onin.

Semenanjung Onin adalah istilah untuk menyebut kawasan yang saat ini disebut sebagai Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat. Istilah Onin disebut sebagai Wanin atau Wiwanin dalam kitab Nagarakertagama karya Empu Prapanca pada 1365 atau era Majapahit.

Machmud Singgirei Rumagesan lahir pada 27 Desember 1885 di pusat Kerajaan Sekar, yakni Kokas. Di tanah ini, pengaruh Islam sudah mengakar sejak lama sebelum Machmud lahir.

Rosmaida Sinaga dan Abdul Syukur dalam buku 'Machmud Singgirei Rumagesan: Pejuang Integrasi Papua', terbitan Ruas, menjelaskan wilayah ini sudah menjadi bagian kekuasaan dan pengaruh Kesultanan Tidore (sekarang Maluku Utara).

Peneliti dari Balai Arkeologi Jayapura, Bau Mene, dalam tulisannya 'Masuknya Islam di Kabupaten Fakfak dan Tinggalan Arkeologinya (Jurnal Papua Vol V No 2)' menjelaskan sebenarnya Kerajaan Ternate juga punya andil menancapkan pengaruh Islam di Semenanjung Onin.

Selanjutnya, Islam datang ke Papua sejak Abad 16:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3