Viral Pemilihan Ketua OSIS SMAN 6 Depok Diulang, Sekolah Bantah Ada Isu SARA

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 13 Nov 2020 11:45 WIB
Poster
Ilustrasi Isu Viral (Foto: Edi Wahyono)
Depok -

Pemilihan ulang Ketua OSIS di SMAN 6 Depok dan pengunduran diri salah satu calon viral dan ramai dibahas di media sosial. Pihak sekolah buka suara terkait adanya narasi isu SARA di balik pengunduran tersebut.

Narasi isu SARA soal pemilihan Ketua OSIS SMAN 6 Depok ini viral lewat tangkapan layar chat WA. Salah satu calon berinisial E disebut sebenarnya sudah menang pemilihan Ketua OSIS namun pemilihan lalu diulang. Sebuah chat WA menyebut E batal menang karena non-Muslim.

Lewat akun Instagram-nya, E mengaku mengundurkan diri dari pemilihan Ketua OSIS karena 'ada prinsip yang tidak sesuai untuk pemilihan ulang'. Dia kemudian juga memberikan penjelasan lanjutan di Instagram Story bahwa pengunduran dirinya bukan semata-mata karena alasan yang viral di media sosial. detikcom telah menghubungi E untuk meminta penjelasan namun belum direspons.

Sementara itu, pihak sekolah lewat Kepala Sekolah SMAN 6 Depok, Abdul Fatah buka suara terkait persoalan pemilihan OSIS yang diselenggarakan Rabu (11/11) tersebut. Fatah menjelaskan sebetulnya pemungutan suara ulang pemilihan OSIS itu dikarenakan adanya kesalahan sistem.

"Nah dalam pelaksanaan pemilihan itu, ternyata ada suatu kesalahan anak-anak itu ya, anak-anak sekolah, itu kan aplikasi yang dipakai secara online pemilihan ternyata tidak diuji coba dulu, ada kebocoran atau apa gitu, kemudian si operatornya itu juga dihari pelaksaanaan, artinya operator juga tidak tau seperti apa, pasti kan ada kekurangan juga persiapannya," ucap Fatah saat dihubungi, Jumat (13/11/2020).

Simak video 'Ajak Pilih Ketua OSIS Seagama, Guru SMA di DKI Dipolisikan':

[Gambas:Video 20detik]



Seperti apa kesalahan sistem tersebut? Simak selengkapnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2