Satgas Minta Kerumunan Penjemputan HRS Jadi yang Terakhir: Jangan Egois

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Nov 2020 10:52 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

Habib Rizieq kembali ke Tanah Air pada Selasa (10/11). Saat tiba, Habib Rizieq langsung disambut massa yang berkerumun di kedatangan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Pesawat Saudia yang ditumpangi Habib Rizieq mendarat pada pukul 08.37 WIB. Dari foto dan video yang diperoleh detikcom, Habib Rizieq meninggalkan Terminal 3 dengan dikawal sejumlah massa. Habib Rizieq tampak memakai masker medis.

Tampak kerumunan orang berebut mengambil foto dan video. Dari foto detikcom, beberapa orang di antara massa tampak tidak memakai masker.

Pada Kamis kemarin, Habib Rizieq juga mengisi ceramah pada peringatan Maulid Nabi di di Ponpes Al-Haromain Asy-Syarifain, Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Jemaah yang hadir dalam acara itu terlihat tidak menjaga jarak.

detikcom memantau di lokasi, Kamis (12/11/2020) pukul 11.50 WIB, Habib Rizieq berceramah di dalam masjid pesantren. Terlihat ramainya jemaah yang menghadiri acara maulid ini. Mereka tidak hanya memenuhi pekarangan pondok pesantren, tapi juga memenuhi jalan di sekitar pondok pesantren bahkan hingga ke jalan.

Protokol kesehatan kurang begitu diterapkan dalam acara ini. Sebab, tidak terlihat adanya jarak antarjemaah selama acara berlangsung.


(lir/fjp)