Blak-blakan

Kesaksian Menteri Desa soal Muhaimin Iskandar: Dia Pemberontak

Deden Gunawan - detikNews
Jumat, 13 Nov 2020 10:35 WIB
Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar berbincang dengan Komisaris Trans Corp Ishadi SK saat akan wawancara rubrik Blak-blakan di Kantor Redaksi Detik.com, Jakarta, Kamis (12/11/2020). Gus Menteri memaparkan manfaat dana desa untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDM, serta upaya mewujudkan tujuan pembangunan nasional berkelanjutan melalui Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.
Abdul Halim Iskandar (Foto: Wahyu Wening)
Jakarta -

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Abdul Halim Iskandar tak mempersoalkan bila dirinya selalu dikaitkan dengan sang adik, Muhaimin Iskandar. Sebagai kakak dengan beda usia empat tahun, dia mengakui Ketua Umum PKB yang pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja pada 2009-2014 itu sejak kecil memang di atas rata-rata di lingkungan keluarga besarnya.

"Cak Imin itu sejak kecil memang di atas rata-rata. Mungkin karena asupan gizinya lebih dari saya dan kakaknya yang lain," kata Halim berseloroh dalam program Blak-blakan yang tayang di detikcom, Jumat (13/11/2020).

Mungkin karena punya kecerdasan lebih, Muhaimin sejak SMP juga sudah memperlihatkan pemberontakan terhadap keluarga. Dia tak kerasan tinggal di lingkungan pondok pesantren, sehingga kerap memperlihatkan sikap dan perilaku yang menentang kepada orang tua. Padahal ayah dan ibu mereka baru akan membebaskan semua anaknya bila sudah lulus madrasah aliyah (setingkat dengan SMA). "Ibu pernah nulis surat ke saya, curhat soal sikap Cak Imin yang suka memberontak itu," kata Halim.

Akhirnya orang tua mengizinkan Muhaimin pindah melanjutkan sekolah dari Jombang ke Yogyakarta. Ternyata setelah di Jogja tak lagi memperlihatkan sikap memberontak. "Kalau waktu di Jombang ya karena nggak merasa cocok dengan lingkungannya dia kerap protes ke orang tua dengan tidur berjam-jam. Atau tiba-tiba pergi begitu saja tanpa pamit," tutur Halim.

Simak selengkapnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2