Akses ke Rumah Pasien Corona di Depok Ditutup Warga, Pemkot Investigasi

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 13 Nov 2020 09:53 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Depok -

Akses jalan ke rumah pasien Corona di Pancoranmas, Depok, diblokade warga. Pemkot Depok menurunkan tim satgas untuk menyelidiki kejadian yang viral di media sosial itu.

"Kita sedang investigasi latar belakangnya," kata juru bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok Dadang Wihana saat dimintai konfirmasi, Jumat (13/11/2020).

Dadang mengungkapkan, berdasarkan keterangan awal, warga menutup akses ke rumah warga tersebut karena ada pasien Corona yang melakukan isolasi mandiri. Namun pasien tersebut dikabarkan sering keluar-masuk rumah dan tanpa menggunakan masker.

"Informasi sementara ditutup warga karena ada anggota keluarga yang isoman (isolasi mandiri) keluar-masuk rumah, kadang tidak menggunakan masker. Ini yang sedang didalami informasinya, apakah memang demikian," ujar Dadang.

Dadang mengatakan pihaknya juga sudah menurunkan tim satgas kelurahan dan kecamatan untuk menelusuri kejadian itu. Selain itu, Dadang memastikan saat ini akses jalan keluarga tersebut juga sudah dibuka.

"Kami sudah turunkan tim satgas kecamatan dan kelurahan, sedang dicek kepastiannya. Saat ini akses jalan sudah dibuka," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang beredar di media sosial, keluarga tersebut berdomisili di RT 02 RW 18, Kelurahan Pancoranmas. Terlihat pada foto yang beredar, jalan gang dengan lebar sekitar 2 meter diblokade.

Terlihat tumpukan seng hingga meja menghalangi jalan sepenuhnya hingga tidak bisa dilintasi oleh pejalan kaki. Selain itu, akses jalan lainnya dihalangi dengan meja bertumpuk.

Berdasarkan caption media sosial itu, kejadian blokade tersebut sudah berlangsung selama 2 minggu. Keluarga itu disebut diblokade warga lantaran terkonfirmasi positif Corona dengan status orang tanpa gejala (OTG).

(mei/mei)