Round-Up

Fakta Baru Penyerangan Polsek Ciracas Jerat Puluhan Tersangka

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Jumat, 13 Nov 2020 04:32 WIB
Danpusmoad Paparkan Hasil Penyidikan Akhir Kasus Perusakan Polsek Ciracas
Foto: Wilda Nufus/detikcom
Jakarta -

Rangkaian proses penyelidikan dan penyidikan kasus penyerangan Polsek Ciracas, Jakarta Timur telah berakhir. Total ada 67 oknum dari TNI AD berstatus tersangka.

Awalnya kasus penyerangan Polsek Ciracas ini fipicu hoax bikinan Prada Muhammad Ilham. Prada Ilham mengaku dikeroyok, padahal mengalami kecelakaan tunggal. Atas ulahnya, Prada Ilham juga telah ditetapkan menjadi tersangka.

Usut punya usut, Pusat Polisi Militer TNI AD terus mengungkap fakta-fakta anyar. Terbaru, sedikitnya 67 oknum TNI AD ditetapkan sebagai tersangka dan sejumlah berkas perkara para tersangka telah dilimpahkan ke pengadilan.

67 Oknum TNI AD Jadi Tersangka

Total ada 67 tersangka oknum TNI AD yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Berdasarkan keterangan saksi dan barang bukti yang ada, sebanyak 67 orang terdiri dari 25 satuan TNI dan TNI AD telah ditetapkan status sebagai tersangka dan dilakukan penahanan," kata Komandan Puspom TNI AD (Danpuspomad) Letjen Dodik Widjanarko dalam konferensi pers di gedung Puspomad, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Kamis (12/11/2020).

Dodik menyampaikan pihaknya telah memeriksa 112 orang dalam kasus penyerangan Polsek Ciracas ini. Dari ke 112 saksi, 111 orang di antaranya anggota TNI AD.

Sementara itu, ada juga 7 anggota TNI AL yang turut diperiksa dalam kasus ini. Ada 2 anggota Polri dan 50 orang masyarakat yang juga telah diperiksa.

Dodik mengatakan saat ini pihaknya juga telah menyelesaikan berkas perkara. Dengan begitu, kata dia, proses penyelidikan dan penyidikan terkait Polsek Ciracas sudah selesai.

"Namun penyidik akan tetap menindaklanjuti apabila nanti di dalam proses persidangan di peradilan militer ditemukan bukti. Dengan demikian tugas tim investigasi perkara Ciracas dinyatakan selesai," ujarnya.

Simak juga video '29 Personel TNI Jadi Tersangka dari Kasus Penyerangan Polsek Ciracas':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2