Sidang Vonis Bos PS Store akan Digelar Kamis 26 November

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 17:43 WIB
Bos PS Store, Putra Siregar, menjalani sidang lanjutan kasus HP ilegal di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (18/8/2020). Sidang menghadirkan tiga orang saksi.
Bos PS Store Putra Siregar (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Putra Siregar akan mengikuti pembacaan vonis pada Kamis, 26 November 2020. Putra yang merupakan bos PS Store itu terjerat perkara penimbunan dan penjualan barang impor di luar wilayah kepabeanan.

"Putusan tanggal 26 November 2020," ujar ketu majelis hakim Tri Andita dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (12/11/2020).

Sementara pada hari ini persidangan mengagendakan duplik atau tanggapan dari Putra atas replik dari jaksa penuntut umum. Pihak Putra tetap pada pendapatnya yaitu berharap majelis hakim menolak tuntutan dari jaksa.

"Penuntut umum tidak mampu membantah di antara 6 argumentasi pembelaan saya, dalam pembelaan yuridis," kata Putra.

Menurut Putra, beberapa hal yang tidak dapat dibantah jaksa mulai dari definisi kepabeanan dan ketentuan hukum soal tarif. Selain itu dia menilai jaksa tidak bisa membuktikan pengecekan IMEI terhadap 191 telepon seluler (ponsel) yang disita.

"Saya sebagai masyarakat yang patuh dan taat hukum akan senang hati membayar, namun denda Rp 5 miliar terlalu berlebihan," tuturnya.

Diketahui, Putra Siregar dituntut jaksa membayar denda Rp 5 miliar subsider 4 bulan kurungan. Putra dinilai jaksa terbukti melakukan penimbunan dan menjual barang impor di luar wilayah kepabeanan.

Putra diyakini jaksa bersalah melanggar Pasal 103 huruf d UU RI Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan dan UU RI Nomor 10 1995 tentang Kepabeanan. Jaksa membacakan surat tuntutan Putra pada Kamis (8/10).

"Mengutip ketentuan pidana pasal di atas sifatnya kumulatif atau alternatif, karenanya dituntut membayar pidana denda Rp 5 miliar jika tidak dibayar diganti dengan kurungan (subsider) 4 bulan," ujar jaksa penuntut umum, Milono, kepada detikcom, Minggu (11/10).

(dwia/dhn)