Waspada, Deretan Provinsi Ini Jadi Sorotan Satgas Corona 2 Pekan Terakhir

ADVERTISEMENT

Waspada, Deretan Provinsi Ini Jadi Sorotan Satgas Corona 2 Pekan Terakhir

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 17:34 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Satgas COVID-19 memberikan rapor merah dalam penanganan COVID-19 selama dua minggu terakhir kepada beberapa provinsi. Daerah yang mendapatkan rapor merah ini adalah wilayah yang mengalami penurunan kasus sembuh dan kasus positif serta meninggal meningkat.

"Jika dilihat pada kasus sembuh maka terdapat dua provinsi dengan perkembangan signifikan ke arah yang kurang baik yaitu Sumatera Barat dan Sumatera Selatan," ujar juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito melalui siaran YouTube BNPB, Kamis (12/11/2020).

Selain itu, Wiku mengatakan daerah yang mendapat rapor merah, ketika wilayahnya mengalami penurunan peringkat kasus kesembuhan. Wiku menyebut daerah tersebut lengah terhadap penanganan Corona.

"Adanya penurunan drastis pada peringkat kesembuhan tertinggi artinya penanganan pasien positif COVID-19 di rumah sakit mengalami perlambatan. Selain itu dapat terjadi karena masyarakat tidak segera melaporkan ke rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat apabila mengalami gejala COVID-19," katanya.

Urutan perkembangan COVID-19 di pulau SumateraUrutan perkembangan COVID-19 di pulau Sumatera (Foto: Tangkapan layar YouTube BNPB)

Wiku mengatakan di Pulau Sumatera, pada pekan ini mengalami peningkatan kasus meninggal. Hal itu terjadi di mayoritas wilayah di Sumatera.

"Pada kasus meninggal perkembangannya cukup signifikan ke arah yang kurang baik. Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Kepulauan Riau mengalami kasus meninggal yang semakin meningkat dalam 3 minggu terakhir," jelasnya.

Simak video 'Menko PMK Sebut Vaksin Covid-19 Gratis Ditargetkan untuk 60 Juta Orang':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT