Pidato di KTT ASEAN, Jokowi Dorong Perdamaian Stabilitas Kawasan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 13:13 WIB
Presiden Jokowi menghadiri KTT ASEAN ke-36 secara virtual.
Presiden Jokowi di KTT ASEAN. (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Bogor -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pentingnya peran ASEAN dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan. Jokowi berpendapat, sangat normal di tengah rivalitas dua kekuatan besar dunia, masing-masing ingin menarik ASEAN untuk berpihak.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam pidato di KTT ke-37 ASEAN secara virtual. Jokowi menuturkan ASEAN harus solid, menjaga keseimbangan, terus menyampaikan pesan untuk memperkokoh kerja sama yang saling menguntungkan, terus menyampaikan pesan pentingnya para mitra untuk menghormati Treaty of Amity and Cooperation, dan terus menyampaikan pesan pentingnya penghormatan terhadap hukum internasional, termasuk UNCLOS 1982.

"Dengan soliditas dan komitmen kuat untuk memajukan kerja sama inklusif, ASEAN tidak akan terjebak di antara rivalitas tersebut dan ASEAN akan dapat memainkan peran sentralnya dalam pengembangan kerja sama kawasan. Tentunya hal ini bukan merupakan hal mudah. Tapi saya yakin, dengan soliditas dan komitmen kuat, kita akan dapat menjalankannya," ujar Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis (12/11/2020).

Jokowi juga menyambut baik akan dikeluarkannya ASEAN Declaration on an ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA) Framework. Pengaturan ASEAN Travel Corridor tersebut sebelumnya telah diusulkan Jokowi pada KTT ke-36 ASEAN pada 26 Juni 2020.

"Saya menyambut baik di KTT ini kita akan mengeluarkan ASEAN Declaration on an ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework. Untuk itu, rencana implementasi ASEAN TCA harus segera diwujudkan," tutur Jokowi.

Untuk mewujudkan implementasi TCA tersebut, Jokowi mendorong agar Dewan Koordinasi ASEAN dan Badan Sektoral ASEAN segera bergerak cepat dan efisien. Simak di halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2