Anggota DPR Apresiasi TNI Sanksi Kopda Asyari: Itu Tindakan Indisipliner

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 06:16 WIB
Willy Aditya
Foto: Willy Aditya. (Rahel/detikcom).

Willy mengatakan Kopda Asyari telah melanggar disiplin militer. Seperti yang talah dikatakan oleh pihak TNI.

"Itu dari sisi filosofisnya. Kalau dari sisi yuridisnya ya seperti disebut oleh Kodam Jaya, yang bersangkutan memang melanggar UU No. 25 tahun 2014 pasal 8 huruf a tentang disiplin militer," katanya.

Sebelumnya, kopda Asyari mengatakan 'kami bersamamu Imam Besar Habib Rizieq Syihab' itu disampaikan melalui video yang viral di media sosial. Dalam video berdurasi 17 detik itu, tampak prajurit TNI sedang duduk di bagian belakang truk.

Perekam video, yang diketahui adalah Kopda Asyari, mengatakan, 'On the way bandara, persiapan pengamanan Imam Besar Habib Rizieq Syihab. Kami bersamamu Imam Besar Habib Rizieq Syihab. Takbir, allahuakbar!'.

Refki menekankan tindakan Kopda Asyari itu bertentangan dengan hukum disiplin militer. Dia memastikan Kopda Asyari akan dijatuhi sanksi akibat tindakannya tersebut.

"Dalam tata kehidupan militer, tindakan prajurit tersebut jelas bertentangan dengan hukum sebagaimana diatur dalam Pasal 8 huruf a UU Nomor 25 Tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Militer dan akan dijatuhi sanksi sesuai dengan tingkat kesalahannya," kata Refki dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip detikcom, Rabu (11/11).

Halaman

(lir/dhn)