JDCN Gelar Lomba Foto Kolaborasi Warga, Hadiah Rp 15 Juta

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 17:57 WIB
JDCN-Lomba Foto
Foto: JDCN
Jakarta -

Pembangunan kota tanpa adanya partisipasi warga hanyalah utopia belaka. Oleh karenanya, setiap kolaborasi warga penting sekali diabadikan untuk menggugah banyak warga ikut andil dalam gerakan positif di era revolusi industri 4.0 ini.

Apalagi di masa pandemi COVID-19 yang kian mewabah dan menggerus semangat masyarakat ini, kolaborasi warga tidak boleh padam. Justru stimulus dari inspirasi warga harus disebarluaskan agar Indonesia dapat mengakhiri pandemi ini.

Menilik hal ini, Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) mencoba untuk kembali menumbuhkan semangat warga lewat sebuah Kompetisi Foto #CitizenCollaborationDiary. Kontes Foto tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dari JDCN Forum 2020.

Masyarakat umum dapat mengunggah foto original hasil karya sendiri yang menceritakan tentang kolaborasi warga yang mampu memberi inspirasi dalam kemajuan dan kebiasaan di Indonesia terkhusus di kota besar. Foto yang terpilih akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah.

Diketahui kategori pada kontes foto ini dibagi menjadi dua, di antaranya Best Picture dan Best Caption. Untuk Juara Best Picture akan mendapat uang tunai senilai Rp 15 juta. Sementara Juara Best Caption akan mendapat uang tunai senilai Rp 5 juta.

Sebagai informasi, periode lomba ini berlangsung pada 1-22 November 2020, kemudian seleksi dan penjurian pada 23-30 November 2020 serta pemenang akan diumumkan pada 18 Desember 2020. Adapun juri pada kontes foto ini adalah Fotografer Senior Indonesia Arbain Rambey, serta Redaktur Pelaksana detikFoto Dikhy Sasra.

Berikut mekanisme yang wajib diketahui.
1. Upload foto kamu di Instagram yang menggambarkan kolaborasi warga di sekitarmu. Tuliskan cerita tersebut di caption semenarik mungkin.
2. Follow akun @jdcnforum
3. Tag @plusjakarta, @JDCNForum @dkijakarta dengan hashtag #JakartaKotaKolaborasi #JDCNForum2020.
4. Tag 3 teman Instagrammu dan ajak mereka untuk ikut berkolaborasi.
5. Periode photo competition berlangsung pada tanggal 1 - 22 November 2020.
6. Pastikan menuliskan hashtag yang diwajibkan dengan benar saat di-upload dan pastikan akun Instagram tidak dikunci/private agar dapat dicek oleh juri.
7. Penilaian pemenang akan dilakukan oleh tim detikcom dan pemenang terpilih akan diinformasikan setelah program berakhir.
8. Penilaian dari juri tidak dapat diganggu gugat dengan alasan apapun.
9. Pemenang akan diumumkan tanggal 18 Desember 2020 di malam penghargaan.

(ads/ads)