Satgas Ungkap Kasus Aktif Corona RI 12,16%, Lebih Rendah dari Malaysia-AS

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 17:33 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengungkapkan kasus aktif COVID-19 Indonesia ada di bawah rata-rata global yaitu pada angka 12,16%. Angka ini juga lebih rendah dari sejumlah negara seperti Malaysia hingga Amerika Serikat (AS).

"Perkembangan kasus aktif COVID-19 Indonesia jika dibandingkan dengan dunia dan beberapa negara lainnya. Penanganan COVID-19 di Indonesia terus menunjukkan hasil yang positif jika dilihat dari kasus aktif per 8 November 2020 kasus COVID-19 berada pada 12,16% dan lebih rendah dibandingkan kasus aktif dunia yang mencapai 27,16%," kata Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito melalui siaran YouTube BNPB, Selasa (10/11/2020).

Wiku mengatakan kasus aktif Corona Indonesia lebih rendah dari beberapa negara. Seperti Malaysia, Prancis hingga Amerika Serikat.

"Selain apabila dibandingkan dengan negara lainnya seperti Malaysia, Myanmar di Asia Tenggara, Prancis, Belgia, Jerman, Swiss di benua Eropa dan Amerika Serikat kasus aktif Indonesia cukup juga lebih rendah," katanya.

Wiku mengatakan, kasus aktif Corona di Indonesia yang berada di bawah rata-rata global menunjukkan penanganan COVID-19 di Tanah Air sudah on the track. Hal ini juga dipengaruhi oleh kepedulian masyarakat.

"Sekali lagi hal ini menunjukkan bahwa penanganan pandemi COVID-19 sudah on the track atau sesuai bahkan dengan rendahnya angka kasus aktif di Indonesia kita juga berperan dalam menekan kasus aktif di tingkat global," sebut Wiku.

"Namun demikian, capaian ini tidak boleh membuat kita lengah, kita harus meningkatkan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan juga pemangku kepentingan lainnya dalam menekan kasus aktif ini," sambungnya.

Tonton video 'Update Corona RI 10 November: Kasus Positif Bertambah 3.779':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2