Menlu Sambut Baik Joe Biden Menang Pilpres AS, Bicara Kemitraan Setara

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 14:40 WIB
Menlu Retno Marsudi
Menlu Retno Marsudi (Foto: dok Kemlu)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan Indonesia menyambut baik hasil pemilihan Presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) yang dimenangi oleh Joe Biden dan Kamala Harris. Retno menegaskan Indonesia siap bekerja sama dengan AS.

"Di dalam pertemuan ASEAN Ministerial Meeting, saya menyampaikan, sebagaimana yang telah disampaikan Presiden RI, kita menyambut baik terpilihnya Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat dalam pemilu AS yang baru dilakukan beberapa hari yang lalu," kata Retno dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (10/11/2020).

Retno menyatakan Indonesia siap bekerja sama dengan Amerika Serikat serta memperkuat kemitraan di masa mendatang.

"Saya menyampaikan bahwa Indonesia dan ASEAN tentunya akan siap bekerja sama untuk memperkuat kemitraan dengan Amerika di masa mendatang," jelasnya.

Retno mengatakan kerja sama itu tentu harus saling menguntungkan. Selain itu, kemitraan ini harus memegang teguh penghormatan terhadap hukum internasional.

"Kemitraan yang didasari oleh prinsip kesetaraan, saling menghargai, dan saling menguntungkan. Dan tentunya kemitraan yang kita inginkan adalah kemitraan yang memegang teguh dan nilai-nilai multilateralisme, penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah, dan juga penghormatan terhadap hukum internasional," katanya.