Tengah Evakuasi Mobil Kecelakaan, Polisi Temukan Mortir di Jayapura

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 04:55 WIB
Polisi Temukan Mortir di Sentani Timur, Jayapura
Polisi Temukan Mortir di Sentani Timur, Jayapura (Foto: Dok. Istimewa)
Sentani Timur -

Polisi menemukan sebuah mortir sepanjang 78 centimeter di Cemara Asei Kecil, Sentani Timur, Jayapura, Papua. Mortir tersebut ditemukan 7 meter dari dekat lokasi kecelakaan mobil terguling.

"Ditemukan benda diduga bom mortar bekas peninggalan perang dunia 2 oleh unit Lantas Polsek Sentani Timur," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal, dalam keterangannya, Selasa (10/11/2020).

Kamal mengatakan temuan mortir tersebut terjadi ketika petugas laka lantas tengah mengevakuasi mobil yang alami kecelakaan di Cemara Asei Kecil, Sentani Timur, Jayapura, Papua, sekitar pukul 09.30 WIT. Kemudian sekitar 7 meter dari lokasi, polisi menemukan sebuah benda mencurigakan.

"Sekitar 7 meter dari posisi mobil yang terguling di tepi danau Sentani, ditemukan sebuah benda diduga mortir peninggalan perang dunia II," ucapnya.

Polisi kemudian menghubungi unit jihandak Sat Brimob Polda Papua terkait temuan tersebut. Lalu sekitar pukul 12.10 WIT, tim Jibom mengevakuasi bom mortir tersebut dan dibawa ke Mako Sat Brimob Polda Papua.

"Tiba di TKP dan selanjutnya melakukan proses pengamanan dan evakuasi terhadap benda yang diduga merupakan mortir peninggalan perang dunia II dengan panjang 78 cm dan diameter 15 cm," ujar Kamal.

Pihak kepolisian pun belum mengetahui asal muasal mortir tersebut. Hingga kini penyelidikan terkait temuan itu juga masih dilakukan.

(maa/maa)