Beredar Kabar Hercules Jatuh di Papua, TNI: Hoax, Itu 2016

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 16:43 WIB
Kabar pesawat Hercules jatuh di Papua menangkut 100 prajurit ternyata hoax. Gambar yang beredar merupakan peristiwa kecelakaan pada 2016 lalu (dok Istimewa)
Kabar pesawat Hercules jatuh di Papua mengangkut 100 prajurit ternyata hoax. Gambar yang beredar merupakan peristiwa kecelakaan pada 2016. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Kabar pesawat Hercules milik TNI mengalami kecelakaan di Papua beredar dalam aplikasi chatting WhatsApp (WA). Dalam pesan yang beredar, disebutkan ada 100 prajurit di dalam pesawat tersebut.

Turut beredar juga gambar-gambar yang mengaitkan dengan kecelakaan pesawat Hercules tersebut. Dalam gambar, terlihat anggota TNI sedang berupaya mengevakuasi.

Disebutkan kecelakaan terjadi pada hari ini, Senin (9/11/2020). Dalam pesan tersebut dikatakan ada 10 orang yang meninggal dan 4 orang terluka.

Informasi kecelakaan pesawat ternyata adalah kabar bohong (hoax). Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad mengatakan semua pesawat dalam kondisi aman.

Mayjen Achmad Riad mengatakan foto-foto yang beredar merupakan peristiwa kecelakaan pada 2016.

"Selamat siang rekan rekan, terkait info tersebut adalah tidak benar. Saya sudah cross check dengan Asintel Kasau jawabannya 'Semua pesawat aman'. Gambar tersebut menunjukkan nomor lambung sama dengan kejadian kecelakaan tahun 2016. Terima kasih," ungkap Mayjen Achmad Riad.

Hal senada disampaikan Danlanud Silas Papare Jayapura, Marsma Budhi Achmadi. Dia mengatakan tak ada kecelakaan pesawat dan gambar yang beredar merupakan foto lama.

"Hoax (ada kecelakaan pesawat). Foto-foto semua tidak betul. Iya foto-foto lama," katanya.

Tonton video 'TNI Siapkan Hercules, Angkut Pelajar Papua Kembali ke Perantauan':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/idh)