Tuntut Kenaikan Upah, Massa Buruh Demo di DPR Ancam Mogok Kerja

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 15:21 WIB
Deme buruh di DPR tuntut upah naik.
Demo buruh di DPR menuntut upah minimum 2021 naik. (Luqman Arunanta/detikcom)

Sebelumnya, massa buruh menggelar aksi demo menuntut dibatalkannya omnibus law UU Cipta Kerja di depan gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat (Jakpus). Buruh juga menuntut DPR RI segera menggelar rapat paripurna legislative review UU Cipta Kerja dan menuntut adanya kenaikan upah minimum 2021.

"Tuntutan kami satu, yaitu kami meminta karena UU Cipta Kerja (yang) dibuat DPR RI, tentunya pemerintahan, tapi yang lebih dominan adalah DPR RI, maka kami menuntut DPR RI untuk segera melakukan paripurna untuk memutuskan yang disebut dengan revisi atau legislative review," kata Sekjen FSPMI KSPI Riden Hatam Azis di depan gedung MPR/DPR, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakpus, Senin (9/11).

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menetapkan upah minimum tidak naik pada 2021. Tahun depan, upah minimum sama dengan tahun ini.

Ketetapan tersebut diatur melalui Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/ll/HK .04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Halaman

(lir/lir)