Round-Up

4 Fakta Aksi Ironis Ormas Borong Lalu Bakar Produk Prancis

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 07:59 WIB
Ormas membeli produk Prancis di minimarket di Menteng, Jakpus, lalu membakarnya
Ormas membeli produk Prancis di minimarket di Menteng, Jakpus, lalu membakarnya. (Dok. Polres Jakarta Pusat)
Jakarta -

Pernyataan kontroversi Presiden Emmanuel Macron soal Islam, tidak hanya memantik demonstrasi sejumlah ormas Islam di Jakarta. Hal ini juga memunculkan seruan boikot produk Prancis.

Seperti yang terjadi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, ormas Gerakan Pemuda Islam (GPI) memprotes Macron dengan memborong produk-produk Prancis di minimarket. Bukan untuk dikonsumsi, namun produk-produk Prancis itu dibeli untuk kemudian dibakar.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa 3 November 2020 siang lalu. Massa GPI mendatangi Indomaret di kawasan Menteng, lalu membeli produk Prancis dan membakarnya.

"Dia beli barang-barang itu di Indomaret, kemudian dibawa keluar dan dibakar," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto saat dihubungi detikcom, Kamis (5/11/2020).

Heru mengatakan ormas tersebut dari kelompok Gerakan Pemuda Islam (GPI). Aksi pembakaran terjadi di posko GPI, Jalan Menteng Raya Nomor 58, Jakarta Pusat.

"Itu kan minimarket sama posnya Menteng 58 nggak jauh," katanya.

Heru tidak memerinci produk apa saja yang dibeli lalu dibakar oleh massa GPI. Ia juga tidak mengetahui berapa banyak produk yang dibeli oleh massa.

"Pokoknya produk-produknya Danone-lah. Totalnya berapa saya nggak tahu, karena pada saat beli di dalam terus keluar, ada satu tumpukan (produk) gitu," jelasnya.


Berikut 4 fakta terkait peristiwa tersebut. Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Tonton video 'Polri Antisipasi Gerakan Sweeping Produk Prancis':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3