ADVERTISEMENT

Round-Up

4 Fakta Aksi Ironis Ormas Borong Lalu Bakar Produk Prancis

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 07:59 WIB
Ormas membeli produk Prancis di minimarket di Menteng, Jakpus, lalu membakarnya
Ormas membeli produk Prancis di minimarket di Menteng, Jakpus, lalu membakarnya. (Dok. Polres Jakarta Pusat)

Tak Ada Pidana

Heru mengatakan tidak ada pidana terkait kejadian itu. Heru menyebut tidak ada pengambilan barang secara paksa yang dilakukan ormas tersebut.

"Pidananya nggak ada, dia beli di situ kok. Kecuali dia ambil secara paksa," tambahnya.

Heru mengatakan, aksi tersebut merupakan bentuk protes massa akan pernyataan Presiden Macron. Heru mengatakan, para pemuda tersebut tidak merampas paksa untuk mendapatkan produk tersebut, melainkan membelinya.

Patroli 24 Jam

Polres Jakarta Pusat akan meningkatkan pengamanan di pertokoan dan pusat perbelanjaan seiring ramainya seruan boikot produk Prancis. Polisi akan melakukan patroli 24 jam untuk mengantisipasi adanya sweeping ormas.

"Oh, kalau itu kan kita kalau Indomaret, Alfamart, ada patrolinya. Sudah ada personel kita yang melakukan patroli, ada tim kita yang sehari-hari muter," kata Kombes Heru saat dihubungi detikcom, Kamis (5/11/2020).

Heru mengatakan pihaknya akan berpatroli 24 jam di minimarket dan pusat perbelanjaan. Hal ini untuk mencegah terjadinya tindak pidana yang dilakukan kelompok massa.

Heru menambahkan pihaknya akan menindak tegas jika ormas melakukan sweeping dengan cara merampas paksa produk dari pusat perbelanjaan.

"Oh, kalau dia mengambil dengan paksa, mencuri, tetap harus kita tindak," tegasnya.


(mei/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT