Round-up

Prestasi Prabowo 'Menteri Terbaik' Lewat Kacamata Survei

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 06:34 WIB
Menhan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hadiri rapat kerja bersama Komisi I DPR. Raker itu salah satunya membahas soal Natuna.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Lamhot Aritonang )
Jakarta -

Kinerja Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dianggap paling baik di antara para menteri di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 oleh sejumlah lembaga survei. Penilaian itu berdasarkan kinerja para menteri Presiden Joko Widodo dalam setahun menjabat.

Dirangkum detikcom, Jumat (6/11/2020), setidaknya ada 3 lembaga survei yang menganggap kinerja Prabowo paling baik selama satu tahun menjabat. Pertama, survei dari Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI).

Pada survei ASI itu 47,3 persen masyarakat puas masyarakat puas dengan kinerja Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabowo mengungguli Menlu Retno Marsudi dan Menko Polhukam Mahfud Md yang berada di posisi kedua dan ketiga.

Survei dilakukan pada 9-12 Juni 2020, dengan melibatkan 1.000 responden di 34 provinsi di Indonesia. Survei dilakukan dengan cara telesurvei, atau mewawancara responden melalui kontak telepon. Margin of error survei ini +/- 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden diberikan pertanyaan: 'Menurut Bapak/Ibu/Saudara, bagaimana kinerja para menteri di bawah ini?'

Hasilnya, Menhan Prabowo Subianto berada pada peringkat atas dengan total 43,7 persen masyarakat merasa puas, 39 persen tidak puas, dan 17 persen tidak tau atau tidak jawab.

"Kinerja para menteri, Menhan Pak Prabowo tingkatnya paling tinggi di antara yang lain, yaitu 43,7 persen. Disusul Menteri Luar Negeri Bu Retno 38,0 persen, ketiga Menkopolhukam Pak Mahfud Md 37,9 persen," ujar Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Rif'an saat melakukan pemaparan yang disiarkan secara langsung melalui YouTube ASI, Jumat (19/6).

Posisi keempat diisi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dengan tingkat kepuasan 37,8 persen. Posisi kelima ditempati Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Gusti Ayu Bintang Darmavati dengan 37,0 persen.

Sedangkan Menteri dengan peringkat terendah yaitu, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo 23,3 persen. Dilanjutkan dengan Menteri Agama Fachrul Razi 23,8 persen, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan 26,1 persen. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly 27,1 persen dan Menteri Kesehatan dokter Terawan 27,5 persen.

Selian ASI, lembaga survei apa lagi menganggap Prabowo sebagai menteri dengan kinerja terbaik? Selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4