Soal Sepeda Jadi Alat Transportasi, Golkar Minta Anies Siapkan Fasilitas-Jalur

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 20:58 WIB
Warga melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (14/9/2020). Memasuki masa PSBB total, sebanyak 10 titik kawasan pesepeda di Jakarta ditiadakan. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.
Ilustrasi (Rivan Awal Lingga/Antara Foto)
Jakarta -

Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta mendukung keinginan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadikan sepeda sebagai alat transportasi. Hal itu juga sesuai dengan animo masyarakat yang tinggi untuk menggunakan sepeda.

"Ya saya kira untuk itu bagus-bagus saja, kita lihat animo masyarakat juga bagus terhadap sepeda ini, tinggal bagaimana pemerintah provinsi menyiapkan fasilitas, jalur sepeda, di mana jalur-jalur yang memungkinkan. Kalau memang itu mau digalakkan, saya pikir itu bagus," ujar Sekretaris Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan kepada wartawan, Kamis (5/11/2020).

Dia meminta Anies tidak lagi membuat wacana sepeda masuk tol. Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta sebaiknya memanfaatkan fasilitas jalan yang sudah tersedia.

"Cuma jangan lagi wacanakan di jalan tol, terus kemudian juga apalagi yang aneh-aneh, di JPO. Saya pikir manfaatkanlah ruas jalan yang ada. Contoh di hari Minggu itu jalan arteri pondok indah bisa dimanfaatkan ditutup sementara waktu untuk road bike, saya rasa infrastruktur DKI nggak kekurangan," ucapnya.

"Tapi kalau mengundang bahaya untuk para pesepeda ya jangan dimunculkan wacana seperti itu," sambungnya.

Terkait dengan makin maraknya begal sepeda di Jakarta, Judistira meminta Pemprov DKI Jakarta melakukan patroli bersama polisi di daerah rawan. Selain itu, dia juga mengimbau pesepeda agar tidak mengundang kejahatan.

"Ya saya pikir pertama kembali pada pengendara sepeda, masyarakat, jangan mengundang, kalau kejahatan itu kan biasanya terjadi kalau ada kesempatan, kita juga usahakan jangan mengundang, jangan menggunakan handphone dan tidak memakai yang berlebihan. Usahakan juga jangan bersepeda sendiri-sendiri, tempat-tempat sepi apa segala macam. Kedua saya pikir aparat mitra dari pemprov dalam hal ini kepolisian dan Satpol PP ya tingkatkan di mana titik-titik," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2