ADVERTISEMENT

Jejak Rencana Kepulangan Habib Rizieq ke RI hingga Tiket Sudah di Tangan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 12:42 WIB

13 Oktober 2020

Pada momen demonstrasi menolak omnibus UU Cipta Kerja pada awal pertengahan Oktober ini, kabar bahwa Habib Rizieq hendak pulang ke Indonesia juga terdengar lagi. Ketua Umum FPI Ahmad Shabri Lubis mengumumkannya saat berorasi tolak UU Ciptaker.

"Imam besar Habib Rizieq Syihab akan segera pulang ke Indonesia untuk memimpin revolusi," kata Shabri dari atas mobil komando, Selasa (13/10) lalu.

Shabri menyebut cekal dan denda terkait Habib Rizieq di Saudi sudah dihapus. Tanpa merinci soal cekal dan denda yang dimaksud, dia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Arab Saudi. Namun Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengungkapkan status Habib Rizieq dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi masih 'blinking merah' atau belum bisa keluar dari negara tersebut.

"Berdasarkan komunikasi kami dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, bahwa sampai detik ini Nama Mohammad Rizieq Syihab (MRS) dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi masih 'blinking merah'," kata Agus, Rabu (14/10) lalu.

26 Oktober 2020

Di media sosial Twitter, beredar video berisi tayangan Rizieq mengumumkan akan pulang ke Indonesia bersama keluarganya dalam waktu dekat. Video itu berdurasi 1 menit 30 detik.

"Doakan insyaallah secepatnya," kata Ketua DPP FPI, Slamet Maarif, saat dihubungi, Senin (26/10).

Slamet Maarif juga tidak menjelaskan secara detail terkait rencana kepulangan tersebut. Namun dia menyebut tanggal kepulangan akan disampaikan sendiri oleh Habib Rizieq.


2 November 2020
Menantu Habib Rizieq, Habib Hanif Alatas, mengungkapkan kepastian mertuanya pulang ke Indonesia. Di atas mobil komando dalam aksi demontrasi di Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis, ia menyebut surat izin keluar Habib Rizieq dari Arab Saudi telah diterbitkan.

"Ada kabar gembira dari Makkah Al Mukaromah, alhamdulillah berkat kita aksi, Allah SWT bela Imam Besar," kata Hanif, Senin (2/11).

"Baru saja kita dikabarkan cekal beliau sudah dicabut, denda sudah dibebaskan, dan sekarang kabar gembira lagi surat izin keluarnya sudah terbit, insyaallah beliau umumkan tanggal kepulangannya. Siap sambut kemenangan?" teriaknya.

4 November 2020

Teranyar, hari ini Habib Rizieq mengumumkan rencana kepulangan dari Arab Saudi ke Indonesia. Habib Rizieq akan terbang ke Jakarta pada pekan depan.

"Insyaallah saya dan keluarga, Insyaallah hari Senin tanggal 9 November 2020 jam 19.30 waktu Saudi, akan terbang dari bandara kota Jeddah dengan pesawat Saudia," kata Rizieq di akun YouTube Front TV, Rabu (4/11/2020).

Habib Rizieq mengatakan dirinya dan keluarga akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 10 November 2020. Dari bandara, Rizieq dan keluarga akan langsung ke kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat.

"Insyaallah pesawat kami akan mendarat tiba di Bandara Cengkareng hari Selasa, 10 November 2020 jam 9 pagi waktu Jakarta di Terminal 3, Bandara Cengkareng, insyallah," ujar dia.


(azr/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT