UU Cipta Kerja Salah Ketik, Baleg DPR: Bisa Diperbaiki Meski Telah Disahkan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 17:46 WIB
Willy Aditya
Willy Aditya (Ari Saputra/detikcom)

Untuk diketahui, terdapat sejumlah kesalahan pengetikan dalam UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang UU Cipta Kerja. Kesalahan pengetikan terletak di halaman 6 Pasal 6 UU Cipta Kerja. Kemudian kesalahan ketik juga terjadi di halaman 757.

Menurut pakar hukum tata negara Bivitri Susanti, 'kesalahan ketik' ini adalah kesalahan fatal. Ia menegaskan hal ini tidak bisa dianggap sepele.

"Ya (fatal). Karena UU nggak bisa diimajinasikan dan 'tahu sama tahu' waktu dilaksanakan, tapi harus sesuai apa yang tertulis," ujar Bivitri saat berbincang dengan detikcom, Selasa (3/11).

Pemerintah pun telah merespons terkait kesalahan pengetikan dalam UU Cipta Kerja. Mensesneg Pratikno mengatakan kekeliruan itu bersifat teknis administratif dan tidak berpengaruh pada implementasi UU.

"Hari ini kita menemukan kekeliruan teknis penulisan dalam UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Namun kekeliruan tersebut bersifat teknis administratif sehingga tidak berpengaruh terhadap implementasi UU Cipta Kerja," ucap Pratikno kepada wartawan lewat pesan singkat, Selasa (3/11).


(hel/lir)