Tinjau Pelabuhan Patimban, Menhub: Minggu Ke-3 November Siap Beroperasi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 13:21 WIB
Menhub Budi Karya tinjau pembangunan pelabuhan Patimban
Menhub Budi Karya tinjau pembangunan Pelabuhan Patimban. (Foto: dok. Kemnhub)

Agus berharap adanya pengembangan kawasan Pelabuhan Patimban ini dapat mendorong roda perekonomian masyarakat sekitar. Terlebih di sekitar kawasan pelabuhan juga sudah ada infrastruktur pendukung, yakni Bandara Kertajati serta akses tol.

"Adanya pengembangan kawasan Patimban, diharapkan dapat mendorong roda perekonomian baru di daerah Rebana (Cirebon, Subang, Majalengka) yang saat ini sudah ditopang infrastruktur pendukung seperti Bandara Kertajati dan akses jalan tol. Selain itu, pelabuhan ini juga akan mengintegrasikan kawasan ekonomi existing, seperti Bekasi Timur, Karawang, dan Purwakarta," ucapnya.

Patimban, yang jadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), berada di area seluas 369 ha dan backup area mencapai 356 ha, dengan biaya investasi total hingga mencapai Rp 43,2 triliun.

Untuk tahap satu sudah dilakukan sebesar Rp 14 triliun yang dananya berasal dari APBN dan pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Tahap lanjutan dari pengembangan pelabuhan ini akan dilakukan pada 2023 dengan nilai investasi Rp 9,5 triliun.

Menhub Budi Karya tinjau pembangunan pelabuhan PatimbanMenhub Budi Karya tinjau pembangunan Pelabuhan Patimban. (Foto: dok. Kemnhub)
Halaman

(lir/lir)