Marinir dan Demonstran

Cerita Kedekatan Marinir dan Demonstran pada 1998

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 13:16 WIB
Aksi massa tuntut Soeharto mundur kian bergelora di bulan Mei 1998. Sederet peristiwa yang terjadi di bulan itu jadi catatan hitam dalam demokrasi di Indonesia.
Saat mahasiswa menduduki Gedung DPR/MPR pada tahun 1998. (Getty Images)
Jakarta -

Kedekatan pasukan Marinir TNI AL dengan demonstran saat aksi menolak UU Cipta Kerja menarik perhatian. Marinir bisa membubarkan massa tanpa kekerasan. Ternyata, hal serupa pernah terjadi pada demonstrasi 1998.

Sebagaimana dicatat dalam buku 'Sejarah Pergerakan Nasional' yang ditulis Fajriudin Muttaqin dkk, ditulis demonstrasi mahasiswa ini bermula lantaran krisis ekonomi yang menghantam Indonesia pada 1998.

Mahasiswa pun menuntut Presiden Soeharto lekas turun dari tampuk kekuasaan. Kendati demikian, Soeharto bersikukuh pada pendiriannya untuk melakukan reformasi usai 2003.

Protes para mahasiswa pun makin tak terbendung lantaran reformasi tak kunjung terlaksana. Aksi demonstrasi bermunculan kembali di sejumlah daerah. Di antaranya di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Ujungpandang, dan daerah lainnya. Sedangkan para mahasiswa yang berada di Jakarta lantas menduduki gedung DPR/MPR menjelang 21 Mei 1998.

Ketika itu, para prajurit Marinir TNI AL ditugasi menjaga gedung yang diduduki mahasiswa itu. Abdoel Fattah dalam bukunya, 'Demiliterisasi Tentara', menjelaskan bahwa mahasiswa menghargai Marinir. Mereka mencintai Marinir karena sikap simpatiknya.

Masih di buku yang sama, seorang perwira muda Marinir bernama Letnan Heru mengaku bahwa mereka tidak ingin bertempur dengan rakyat.

"Saya ingatkan kepada semua prajurit saya, 'jangan menembak rakyat kita. Dan mereka tahu kita tidak akan melakukannya,'" kata Letnan Heru seperti yang dikutip Abdoel Fattah.

Tonton juga video saat 'Bujukan Marinir Bubarkan Massa Aksi di Patung Kuda':

[Gambas:Video 20detik]



Lantas, apa yang sebenarnya dilakukan oleh pasukan Marinir TNI AL saat itu? Simak halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2