KSPI 'Ancam' Mogok Jika UMP Tak Naik, Komisi IX Dorong Buruh-Kemenaker Dialog

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 08:19 WIB
Emanuel Melkiades Laka Lena
Foto: Emanuel Melkiades Laka Lena. (Rahel/detikcom).
Jakarta -

Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) mengancam akan mogok kerja dan menggelar unjuk rasa jika besaran upah minimum 2021 tidak naik. Komisi IX DPR RI mendorong agar buruh mengedepankan dialog dengan pemerintah.

"Kami mendorong dialog tiga pihak, pimpinan serikat buruh, pimpinan asosiasi pengusaha dan pemerintah untuk membahas upah minimum. Demo oleh serikat buruh merupakan pilihan terakhir apabila dialog belum kunjung mendapatkan solusi," kata Wakil Ketua Komisi IX Emanuel Melkiades Laka Lena kepada wartawan, Jumat (30/10/2020).

Melkiades menuturkan dialog harus memberikan solusi terbaik soal upah minimum. Terlebih, saat ini masih dalam kondisi pandemi virus Corona (COVD-19) yang berdampak pada pekerja maupun pengusaha.

"Dialog dan pembicaraan internal dalam semangat musyawarah mufakat antara pengusaha dan pekerja harus menjadi prioritas dan didahulukan untuk mencari solusi terbaik antara kedua pihak dengan atau tanpa fasilitasi pemerintah. Hasil musyawarah menjadi pegangan bersama dalam melewati pandemi COVID-19 dengan baik," ucap Melkiades.

"Pemerintah membantu pekerja dengan berbagai program sosial termasuk subsidi upah untuk melalui masa sulit pandmi ini," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2