Polisi Terbuka Gunakan Investigasi Media untuk Cari Pembakar Halte Sarinah

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 22:33 WIB
Fasilitas umum menjadi sasaran amuk massa. Salah satunya halte TransJakarta HI dan Sarinah. Berikut foto-foto suasana terkininya.
Potret Halte Sarinah yang dibakar saat demo omnibus law UU Cipta Kerja, Kamis 8 Oktober (Foto: Grandyos Zafn/detikcom)a

Untuk diketahui, Narasi TV mempublikasikan hasil investigasi terkait pembakaran di Halte TransJakarta Sarinah itu melalui kanal YouTube Narasi Newsroom. Video yang merupakan program 'Buka Mata' bertajuk "62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah".

Video investigasi Narasi TV itu disusun dengan menganalisis visual dari berbagai sumber terbuka. Narasi TV juga menggunakan rekaman CCTV di lokasi yang bisa diakses oleh publik, dan juga ratusan video dan foto yang tersebar di akun media sosial.

Analisis tim investigasi Narasi TV menunjukkan bahwa para pelaku datang secara bergerombol. Para pelaku yang saling mengenal, datang dari arah Jl Sunda, Jakarta Pusat pada Kamis (8/10) pukul 16.41 WIB.

Sebelum melakukan pembakaran, para pelaku sempat berfoto-foto. Para pelaku terlihat mengambil kardus, spanduk hingga traffic cone untuk membakar halte Sarinah.

Seorang pelaku kemudian mengambil spanduk dan membakarnya. Sumber api untuk membakar spanduk adalah dari barang-barang yang dibakar di tengah jalan.

Para pelaku mulai membakar Halte Sarinah saat bentrokan terjadi. Ketika para demonstran berlarian, para pelaku membakar Halte Sarinah dengan santai. Setelah api berkobar hebat di Halte Sarinah, para pelaku duduk-duduk sambil menonton kobaran api tersebut.

Halaman

(mei/fjp)