Marak Begal Sepeda di DKI, Pemprov Imbau Warga Tak Gowes Sendirian

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 18:48 WIB
Kawasan Sudirman-Thamrin
Pesepeda di Kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat (Kadek/detikcom)
Jakarta -

Kasus begal pesepeda saat ini sedang marak di Jakarta. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengimbau pesepeda tidak gowes seorang diri.

"Kami mengimbau kepada para pesepeda untuk tidak melakukan perjalanan sendiri. Pada pagi hari di mana petugas tidak ada kemudian atau pada malam hari hindari melakukan perjalanan sendiri lakukan perjalanan secara berkelompok, sehingga saling mengawasi," ujar Syafrin kepada wartawan, Jumat (30/10/2020).

Syafrin mengatakan petugas Dishub DKI selama ini melakukan penjagaan hanya di jalur sepeda sepanjang 63 km. Menurutnya, petugas Dishub DKI tidak melakukan penjagaan selama 24 jam.

"Oh nggak (jaga 24 jam). Kita dibagi dalam 2 shift, pagi jam 06.00-2 (14.00 WIB) sore. Sorenya jam 01 (13.00) sampai 21.00 WIB," ucap Syafrin.

"Yang sekarang kami lakukan pengawasan itu kan di 63 km. Itu gabungan dengan tim lintas jaya, tapi kan jumlahnya terbatas," katanya.

Meski demikian, Syafrin mengaku, petugas telah melakukan patroli di sejumlah titik jalur sepeda. Karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya untuk melakukan patroli bersama.

"Tentu patroli kami kan mobile, jadi setelah mereka lewat (patroli), bisa saja baru ada terjadi penjambretan, sementara kalau untuk menempatkan petugas secara statis dibutuhkan berapa banyak. Nah ke depan ini upaya-upaya kita yang akan Kita koordinasikan dengan Satpol PP dan juga dengan Polda Metro dalam hal ini Pak Dirlantas Polda," kata Syafrin.

Diketahui, sejumlah orang menjadi korban begal saat bersepeda di Jalan Jakarta. Salah satu korban begal adalah artis Anjasmara saat bersepeda di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Selain itu, ada Kolonel Marinir Pangestu Widiatmoko hampir menjadi korban pembegalan saat bersepeda di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Kala itu korban tengah menuju kantornya di daerah Kwitang.

Simak video 'Kolonel Marinir Jadi Korban Pembegalan di Jakpus Saat Gowes':

[Gambas:Video 20detik]



(man/aud)