Aliansi Cinta Rasul Sumut Akan Demo Kecam Macron Tiap Jumat Mulai Pekan Depan

Ahmad Arfah - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 17:00 WIB
Ikrar aksi kecam Presiden Prancis Emmanuel Macron di Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
Ikrar aksi kecam Presiden Prancis Emmanuel Macron di Medan (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Sekelompok warga yang menamakan diri sebagai Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah (Ampera) Sumatera Utara (Sumut) bakal menggelar demo memprotes pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron terkait Islam. Demo ini akan digelar tiap Jumat mulai pekan depan.

"Aksi sebenarnya adalah Jumat depan," kata Koordinator Umum Ampera Sumut, Indra Suheri, di Masjid Al Jihad, Medan, Jumat (30/10/2020).

Hal ini disampaikan Indra usai menggelar tablig akbar terkait pernyataan Presiden Macron. Usai tablig akbar, para peserta melakukan ikrar untuk ikut demo pekan depan.

Indra, yang juga Ketua Forum Umat Islam (FUI) Sumut, mengatakan aksi ini akan digelar tiap Jumat. Namun, dia belum menjelaskan detail lokasi aksi tersebut.

"Kita mungkin dua Jumat, mungkin tiga Jumat ke depannya," ucap Indra.

Indra mengatakan aksi tersebut dilakukan karena pernyataan Macron dinilai menghina Islam dan Nabi Muhammad SAW. Dia mengatakan massa bakal menuntut Macron meminta maaf kepada umat Islam.

"Kita minta Macron ini, Presiden Prancis, untuk klarifikasi di media. Bahwa faktanya dia sangat melakukan tindakan di luar nilai-nilai hak asasi manusia. Jadi sangat tidak patut dia memberikan legitimasi atas nama ekspresi kebebasan," jelasnya.

Sebenarnya, apa pemicu protes dari umat Islam terhadap Macron? Baca di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2