Kontroversi LGBT di Aparat

Pecat Tentara Gay, TNI Tegaskan Tak Akan Terima LGBT Jadi Prajurit

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 14:17 WIB
Sejumlah personel  TNI AD bersiap mengikuti simulasi tempur saat gladi kotor persiapan HUT ke-70 TNI di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Banten, Kamis (1/10). HUT ke-70 TNI yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo pada 5 Oktober 2015 mendatang akan menyelenggarakan simulasi pertempuran darat, laut, dan udara yang diikuti ribuan prjaurit TNI.
Ilustrasi para tentara, tidak berhubungan langsung dengan berita. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

TNI telah memecat prajurit-prajuritnya yang terbukti gay. Kini TNI menegaskan tak akan merekrut calon tentara yang lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

"TNI tidak akan merekrut calon yang terlibat LGBT," kata Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Puspen TNI, Kolonel Sus Aidil, kepada detikcom, Jumat (30/10/2020).

Jadi bukan hanya orang yang sudah menjadi anggota TNI yang dilarang LGBT, calon anggota TNI yang LGBT juga bakal ditolak masuk TNI.

"Melalui seleksi yang ada maka akan diketahui mereka terkait atau terlibat LGBT. Kalau terbukti LGBT tentu mereka tidak lulus seleksi dan tidak akan diterima," kata Aidil.

Sejumlah personel Korps Kavaleri TNI AD bersiap mengikuti simulasi tempur saat gladi kotor persiapan HUT ke-70 TNI di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Banten, Kamis (1/10). HUT ke-70 TNI yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo pada 5 Oktober 2015 mendatang akan menyelenggarakan simulasi pertempuran darat, laut, dan udara yang diikuti ribuan prjaurit TNI.Ilustrasi, tak berhubungan langsung dengan berita. Sejumlah personel TNI bersiap mengikuti simulasi tempur persiapan HUT ke-70 TNI. (Rengga Sancaya/detikcom)

Dia menyebutkan seleksi masuk TNI memuat banyak syarat, dari syarat administrasi, postur tubuh, sehat jasmani, sehat rohani, sehat mental, dan tidak punya masalah ideologi.

"Sehat jasmani dan rohani meliputi kesehatan kejiwaan," kata Aidil.

Apakah LGBT digolongkan TNI sebagai gangguan kesehatan kejiwaan? Penjelasan TNI ada di halaman selanjutnya.

Tonton video 'Polri Siap Tindak Tegas Anggotanya yang Terlibat LGBT':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2