Diduga Hendak Bunuh Diri dari Lantai 39 Apartemen, Seorang Lansia Dievakuasi

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 13:10 WIB
Adu Ketangkasan Anggota Pemadam Kebakaran
Ilustrasi damkar evakuasi korban (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Petugas pemadam kebakaran (damkar) bergerak cepat setelah mendapat kabar ada seorang pria lanjut usia (lansia) hendak bunuh diri dari sebuah apartemen di Jakarta Pusat (Jakpus). Petugas telah mengevakuasi lansia tersebut.

"Prosesnya beliau terselamatkan setelah dibujuk. Petugas masuk ke dalam apartemen," kata petugas komunikasi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakpus, Jujung, saat dihubungi, Jumat (30/10/2020).

Pria lansia berinisial H (62) tersebut dievakuasi pada pukul 12.30 WIB. Pria tersebut telah diserahkan kepada keluarganya.

"Di dalam apartemen ada keluarganya. Dugaan memang hendak bunuh diri, penyebabnya (hendak bunuh diri) kita belum tahu. Sementara masih di apartemen, masih bersama keluarganya. Proses selanjutnya kita belum tahu," kata Jujung.

Peristiwa tersebut terjadi di sebuah apartemen yang ada di samping SMAN 68 Jakarta atau tepatnya di Jalan Salemba Raya, Jakpus. Petugas langsung meluncur ke lokasi pukul 11.36 WIB setelah mendapat laporan.

Sebanyak 5 unit light rescue dan 15 personel dikerahkan ke lokasi. Selain membujuk dari dalam, petugas juga mempersiapkan sejumlah alat untuk evakuasi.

"Kita persiapannya ada air bag, rapling tali untuk memanjat gedung," katanya.

Informasi dalam artikel ini tidak ditujukan untuk menginspirasi kepada siapapun untuk melakukan tindakan serupa. Bagi Anda pembaca yang merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental.

(jbr/dhn)