Inilah Para Pahlawan Digital UMKM 2020

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 21:28 WIB
Program Pahlawan Digital UMKM 2020.
Program Pahlawan Digital UMKM 2020. (Foto: dok. Istimewa)

Ekonomi Digital

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengaku bangga dapat berpartisipasi dalam program Pahlawan Digital UMKM. Neneng memuji perjalanan para peserta dalam mengembangkan solusi dan inovasi untuk masyarakat dari berbagai latar belakang.

Neneng juga merasa senang melihat potensi para pelaku UMKM yang ikut dalam program Pahlawan Digital ini. Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, kata dia, berbagai inovasi akan lahir untuk menjawab permasalahan sehari-hari yang dialami oleh masyarakat maupun pelaku UMKM di Indonesia.

"Menang atau tidak, kalian sudah mengambil langkah awal untuk membantu pembangunan ekonomi di Indonesia," ucapnya.

Senada dengan Neneng, Presiden Komisaris SEA Group Indonesia Pandu Patria Sjahrir, juga mengapresiasi seluruh peserta yang berkontribusi dalam program ini. Menurutnya, Pahlawan Digital adalah momentum bagi kaum muda atau pengusaha muda yang bergerak di bidang UMKM untuk melakukan dobrakan-dobrakan baru.

"Kami dari SEA Group akan selalu mendukung ke depannya. Pandemi ini merupakan kesempatan emas bagi teman-teman untuk membuat inovasi-inovasi baru," ujar Pandu.

Pandu juga tak segan-segan menyatakan kebanggaannya pada peserta yang terlibat dalam Pahlawan Digital. Bagi dia, program ini sangat penting untuk melakukan inovasi dan transformasi ekonomi digital di Indonesia.

Pahlawan Digital

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan apresiasinya kepada para peraih penghargaan Pahlawan Digital UMKM. Ia mengatakan program yang digagas Putri Tanjung tersebut sangat tepat, apalagi di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, banyak inovator muda yang membuat inovasi dan menciptakan aplikasi untuk membantu UMKM.

"Teman-teman adalah Pahlawan Digital. Saya ucapkan selamat kepada 10 pemenang. Malam ini kita semua berbahagia," ucap Teten.

Menteri yang juga hobi meracik kopi ini mengapresiasi seluruh inovator yang terlibat dalam pengembangan inovasi digital. Di tengah upaya pemerintah dalam mempercepat transformasi digital atau digitalisasi UMKM, kehadiran para inovator muda ini disebutnya merupakan 'berkah'.

"Sangat luar biasa. Teman-teman muda di daerah sangat inovatif. Ini juga menunjukkan bahwa generasi milenial kita di seluruh Indonesia kaya dengan ide-ide kreatif. Konsep-konsep inovasi mereka perlu kita dukung," tuturnya.

Teten berharap tahun depan program Pahlawan Digital UMKM bisa digelar kembali. Ia berharap akan semakin banyak inovator muda yang lahir dan membantu UMKM.

"Kita ingin menyiapkan UMKM agar maju dan siap berkompetisi di pasar domestik maupun internasional," tandasnya.

Halaman

(azr/dnu)