Satgas COVID-19: Kandidat Vaksin Corona dalam Uji Klinis Fase 3

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 18:02 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito
Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan saat ini kandidat-kandidat vaksin Corona masih diuji secara klinis. Saat ini, ucap Wiku, proses uji klinis memasuki fase 3.

"Saat ini kandidat-kandidat vaksin sedang dalam uji klinis fase 3 untuk memastikan keamanan, efek samping dan juga rentang dosis aman yang dapat digunakan kepada manusia sehingga efektif," jelas Wiku dalam konferensi pers daring yang disiarkan di YouTube BNPB Indonesia, Kamis (29/10/2020).

Wiku menuturkan pemerintah masih menunggu hasil uji klinis tersebut. Nantinya dokumen hasil uji klinis vaksin Corona akan dikirim ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk diperiksa lebih lanjut.

"Saat ini pemerintah masih menunggu hasil dari uji klinis fase 3 ini, serta transfer dokumen ke BPOM untuk dianalisa," tutur Wiku.

Wiku menyampaikan pemerintah memegang prinsip kehati-hatian dalam proses pengembangan vaksin Corona. Pemerintah juga berpedoman pada standar kesehatan.

"Pada prinsipnya pemerintah menekankan agar upaya pengembangan vaksin ini dapat dilakukan secara hati-hati dan tidak terburu-buru dan tetap berpedoman pada standar kesehatan," jelas Wiku.

Bila hasil serangkaian pemeriksaan kandidat vaksin selesai dan dinyatakan sesuai standar kesehatan, sambung Wiku, BPOM akan mengeluarkan izin konsumsi vaksin Corona tersebut.

"Setelah uji klinis memberikan hasil yang sesuai dengan standar kesehatan, maka nantinya BPOM baru dapat mengeluarkan izin untuk dapat digunakan," terang Wiku.

(aud/dnu)