Cawabup Serang Pandji Ingin Pamarayan jadi Sentra Wisata Konveksi

Yudistira Imandiar - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 17:46 WIB
Calon Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa
Foto: Timses Ratu Tatu-Pandji
Jakarta -

Calon Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengunjungi para pelaku UMKM konveksi di Kecamatan Pamarayan, Serang, Banten. Dalam kunjungan itu, Pandji menyerap aspirasi dari para pengusaha konveksi.

Pandji mengungkapkan dalam dialog yang berlangsung Rabu (28/10), ada dua keluhan yang disampaikan para pengusaha konveksi, yakni kurangnya pasokan listrik dan tenaga kerja.

"Nanti kita akan minta PLN untuk kembali membangun gardu listrik. Karena pasokan listrik mereka masih dari PLN. Untuk kurangnya tenaga kerja, nanti lewat dinas terkait kita akan buat pelatihan. Misalkan butuhnya 100 orang, ya itu yang akan kita latih," urai Pandji dalam keterangan tertulis, Kamis (29/10/2020).

Pandji menilai perkembangan ekonomi di Kecamatan Pamarayan berkembang cukup pesat. Hal itu didukung adanya perbaikan infrastruktur jalan di wilayah tersebut.

"Dulu ini daerah yang terisolir. Pemkab Serang sudah melakukan pembangunan infrastruktur jalan beton. Sekarang perkembangan ekonomi di sini cukup bagus, pasar mereka juga sampai luar Banten," jelas Pandji.

Menurut Pandji, UMKM konveksi di Desa Kebon Cau, Kecamatan Cikande bisa juga dijadikan objek wisata. Sebab, masyarakat bisa melihat langsung pembuatan pakaian di sana.

"Nanti kita siapkan lahan, buat bangunan seperti outlet. Jadi kalau ada wisatawan bisa juga beli hasilnya di outlet itu," papar Pandji.

Dalam pertemuan tersebut Pandji mengimbau para pengusaha dan pekerja untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Selalu jaga kesehatan. Sekarang ini ada COVID-19, harus mawas diri, waspada. Jangan sampai terpapar, kasihan keluarga," pesan Pandji.

Sementara itu, seorang pengusaha konveksi, Hendra menyambut baik rencana Tatu-Pandji yang akan menjadikan wilayahnya sebagai daerah wisata dan sentra konveksi di Kabupaten Serang.

"Tentunya kami memberikan apresiasi kepada Ibu Ratu Tatu Chasanah dan Pak Pandji. Semoga hal itu bisa terwujud, seperti pembangunan jalan beton yang dilakukan," seru Hendra.

(mul/ega)