Libur Panjang Cuti Bersama, Menhub Imbau Pemudik Kembali Sebelum 1 November

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 14:12 WIB
Menhub tinjau penerapan protokol kesehatan di Stasiun Senen, Jakarta Pusat
Menhub Budi Karya Sumadi mengecek protokol kesehatan di Stasiun Senen, Jakarta Pusat (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengimbau para pemudik kembali dari kampung halaman lebih awal. Budi menyampaikan pemudik disarankan pulang sebelum 1 November besok, yang diprediksi jadi puncak arus balik mudik libur cuti bersama.

"Pada saat nanti pulang, seyogianya jangan tanggal 1 (November 2020). Tanggal 1 itu penuh sekali. Saya harapkan pulang lebih awal," kata Budi saat melakukan peninjauan protokol kesehatan di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Kamis (29/10/2020).

Selain itu, Budi mengimbau petugas dinas perhubungan (dishub) dan personel kepolisian mengecek para pemudik saat arus balik mudik libur panjang cuti bersama. Budi ingin pemudik yang menggunakan mobil pribadi tetap menggunakan masker.

"Kami mengimbau kepada dishub dan polisi melakukan random check terhadap jumlah penumpang. Kalau mobil pribadi mereka menggunakan masker atau tidak," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi juga menyampaikan hasil peninjauannya di hari pertama libur panjang kemarin, Rabu (28/10). Budi mengatakan dari pantauan udara, kemacetan terjadi di kilometer tertentu namun masih teratasi dan berjalan dengan baik Tol Palimanan.

"Kemarin saya overview di Palimanan itu berlangsung dengan baik. Hanya ada kemacetan di Km 47 dan 57 dan kita membuat contra flow dan itu berjalan dengan baik, hari ini lancar. Udara ada kenaikan kemarin kami bisa atasi dengan baik," imbuhnya.

Simak video 'Tinjau Stasiun Senen, Menhub Peringatkan Penumpang':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)