Bertemu Jokowi, Menlu AS Puji Peran RI soal Perdamaian Afghanistan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 13:55 WIB
Presiden Jokowi disambut salju membawa berkah saat tiba di Afghanistan
Presiden Jokowi saat berkunjung ke Afghanistan tahun 2018. (Foto: Dok. Instagram Jokowi)
Bogor -

Indonesia bersikap mendukung upaya perdamaian di Afghanistan. Peran Indonesia mendapat pujian dari pemerintah Amerika Serikat (AS).

Hal tersebut disampaikan Menlu AS Mike Pompeo saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. AS juga disebutkan mendukung perdamaian di Afghanistan.

"Secretary Pompeo menyampaikan penghargaan terhadap peran Indonesia untuk isu Afganistan karena teman-teman tahu kita dengan Amerika Indonesia dengan Amerika dan beberapa negara lainnya terus bekerjasama dari awal mencoba berkontribusi untuk menghadirkan perdamaian di Afghanistan," kata Menlu RI Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual seusai pertemuan Jokowi-Pompeo, Kamis (29/10/2020).

Soal perdamaian di Afghanistan, Jokowi diketahui pernah berkunjung langsung ke ibu kota negara Kabul dan disambut Presiden Ashraf Ghani pada Januari 2018. Jokowi menyampaikan, saat tiba di Afghanistan, peristiwa ledakan bom baru saja terjadi.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Richard 'Mike' Pompeo kembali lakukan lawatan ke Indonesia. Ia pun disambut hangat Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor.Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Richard 'Mike' Pompeo kembali lakukan lawatan ke Indonesia. Ia pun disambut hangat Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor. (Foto: dok. Setpres RI/Muchlis Jr)

Narasi mengenai kunjungannya ke Afghanistan juga disampaikan Jokowi dalam berbagai kesempatan. Jokowi berpesan kepada masyarakat Indonesia untuk saling menjaga kerukunan agar tidak ada konflik hingga perang saudara.

"Oleh sebab itu, dijaga yang namanya kerukunan antartetangga, dijaga kerukunan persaudaraan antar kampung, dijaga persaudaraan antarsuku. Dan pesan yang paling tegas, kalau ada pertikaian antartetangga, segera selesaikan, ada ada pertikaian antarkampung segera selesaikan. Kalau ada perang antarsuku, cepat-cepat selesaikan jangan sampai seperti di Afghanistan," ujar Jokowi dalam pidatonya.

Simak video 'Terima Menlu AS Mike Pompeo, Jokowi Singgung Kemitraan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2