Round-Up

Buaya Raksasa di Babel Kembali Bikin Heboh Warga

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 08:02 WIB
Buaya berukuran jumbo dengan berat 700 kg ditangkap di Babel.
Foto: Buaya berukuran jumbo dengan berat 700 kg ditangkap di Babel. (Dok Polsek Sungaiselan)
Bangka Belitung -

Keberadaan buaya raksasa di Bangka Belitung (Babel) kembali bikin heboh. Ini merupakan kali kedua buaya raksasa bikin geger di Babel dalam kurun 2 bulan terakhir.

Buaya raksasa pertama kali bikin heboh warga Babel pada Senin (3/8/2020). Saat itu, warga dibantu pawang menangkap buaya muara berukuran 4,8 meter dan berat 500 kg.

Buaya tersebut muncul setelah dipancing dengan umpan seekor monyet. Umur buaya bertubuh bongsor itu tak panjang. Sekitar 24 jam setelah ditangkap, buaya itu mati.

Dianggap Buaya Siluman

Setelah mati, kepala buaya itu dipenggal warga karena dianggap sebagai buaya siluman. Pemenggalan itu dilakukan berdasarkan kepercayaan warga setempat sebelum bangkai dikubur agar buaya itu tak hidup lagi.

"Penguburan terpisah antara badan dan kepalanya. Karena buaya siluman, jadi harus terpisah, kepalanya dikafani, ditakutkan hidup kembali. Sebelum pemotongan, juga ada ritual khusus," ujar Sekretaris Desa Kayubesi Junaidi menjelaskan ritual yang dilakukan warga.

Buaya berukuran besar diarak menggunakan bulldozer.Buaya berukuran besar diarak menggunakan bulldozer. Foto: screenshoot video

Namun, isu buaya siluman ditepis peneliti dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Hellen Kurniati. Dia mengatakan buaya tersebut bukan siluman, melainkan buaya muara atau Crocodylus porosus yang memang bisa tumbuh besar.

"Dia bisa sampai 7 meter. Cuma kalau di Indonesia sudah jarang lebih dari 6 meter, udah jarang," ujarnya.

Hellen memperkirakan buaya yang dipenggal warga setelah mati itu masih berusia 20 tahun. Hal itu disampaikan Hellen merujuk pada penelitian buaya muara di Australia. Dia mengatakan pertumbuhan buaya melambat pada usia tertentu.

"4,8 meter itu saya perkirakan karena dia mulai melambat kalau ukuran tubuh segitu. Saya perkirakan itu sudah 20 tahun karena panjang 7 meter yang di Australia itu umurnya 50 tahun," tuturnya.

Berselang sekitar 2 bulan, buaya raksasa kembali bikin heboh di Babel. Kali ini, warga menangkap buaya berukuran 5 meter dan berat 700 Kg.

Video 'Penampakan Buaya Raksasa di Bangka Belitung':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2